Perang Dagang, Dell & Microsoft Kaji Hengkang dari China

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 July 2019 15:56
Beberapa raksasa teknologi asal AS berencana mengalihkan produksinya dari China. Penyebabnya perang dagang AS-China.
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa raksasa teknologi asal AS berencana mengalihkan produksinya dari China. Penyebabnya perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Menurut sumber Nikkei Asian Review yang dikutip Reuters, produsen komputer pribadi atau PC, HP Inc dan Dell Technologies berencana mengalihkan 30% produksi notebooknya ke luar China, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (4/7/2019).



Microsoft Corp, Alphabet Inc, Amazon.com Inc, Sony Corp dan Nintendo Co Ltd juga sedang mempertimbangkan memindahkan perakitan beberapa konsol game dan speaker pintar mereka ke luar negeri.


Pada KTT G-20 yang berlangsung pekan lalu di Jepang, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping telah sepakat melakukan gencatan senjata untuk kembali membuka jalan pembicaraan perdagangan setelah berbulan-bulan menemui jalan buntu.

Namun langkah ini harus dipikirkan dengan benar-benar. Pasalnya pemindahan sebagian produksi mereka ke luar China bisa meningkatkan biaya operasi perusahaan.

Pada bulan Juni lalu, Apple Inc meminta pemasok utama untuk menghitung implikasi biaya dari memindahkan 15% -30% kapasitas produksi mereka dari Cina ke Asia Tenggara saat mereka bersiap untuk restrukturisasi rantai pasokannya.

HP, Dell, Amazon, Microsoft dan Google tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.




(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading