Kompakan Facebook, WhatsApp Cs Down Semalam, Kenapa?

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
04 July 2019 09:48
Kompakan Facebook, WhatsApp Cs Down Semalam, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga aplikasi sosial media perpesanan kemarin, Rabu (3/7/2019) malam, sempat bermasalah. Netizen mengeluhkan tidak bisa melihat postingan pada Facebook dan newsfeed Instagram. Sementara, para pengguna WhatsApp juga tidak bisa mengirim gambar.

Netizen ramai-ramai mengeluhkan hal itu pada laman Twitter. "Instagram down, tak update dan tak bisa kirim gambar," tulis seorang netizen yang berkeluh kesah di media sosial Twitter, Rabu (3/7/2019).


Keluhan yang sama juga terjadi pada aplikasi perpesanan WhatsApp. WhatsApp tidak bisa download gambar yang dikirimkan nih ada apa colek @WhatsApp," ungkap salah satu netizen di Twitter, Rabu (3/7/2019).


Pihak Instagram pun memberi konfirmasi melalui akun Twitter sekitar 9 jam lalu.
"Kami mohon maaf atas masalah itu dan sedang berupaya untuk memulihkan kondisi ke level normal sesegera mungkin," tulis @instagram.

Ternyata, bukan hanya Indonesia yang mengalami masalah pada tiga aplikasi tersebut.

Berdasarkan situs down detector, terdapat heatmap atau potensi down (gangguan) juga di negara Brasil. Terlihat ada warna merah yang menandakan cukup bermasalah. Sementara untuk Indonesia dalam map berwarna kuning, artinya ada sedikit gangguan.

Namun, kondisi gangguan sudah normal kembali pagi ini. Hal itu dikonfirmasi oleh akun Twitter resmi Instagram sebagaimana dikutip CNBC Indonesia.

"Kami kembali! Masalah telah di atasi dan (layanan) kami telah siap 100% untuk semua orang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulis @instagram.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading