Pengguna Setia Facebook, Ada Pengumuman soal Akun Anda

Tech - dem, CNBC Indonesia
15 July 2022 14:15
FILE PHOTO: A Facebook sign is displayed at the Conservative Political Action Conference (CPAC) at National Harbor, Maryland, U.S., February 23, 2018. REUTERS/Joshua Roberts/File Photo Foto: REUTERS/Joshua Roberts

Jakarta, CNBC Indonesia - Meta baru saja merilis pengumuman tentang perubahan kebijakan baru di Facebook. Sekarang, pengguna media sosial karya Mark Zuckerberg tersebut tidak wajib menggunakan nama asli di profil mereka.

Facebook kini memperbolehkan satu orang pengguna memiliki hingga lima profil di platformnya. Langkah ini sangat signifikan, karena sebelumnya Facebook sangat menekankan penggunaan nama asli pengguna di profil mereka.

Menurut Meta, perubahan ini memberikan pengguna Facebook lebih leluasa untuk berinteraksi di media sosial sesuai dengan ketertarikan dan hubungan mereka. Misalnya, pengguna bisa mengirim konten yang berbeda ke "teman Facebook" yang punya relasi berbeda, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja.

Namun, semua profil yang berbeda tersebut tetap harus dikelola oleh satu akun. Akun utama pengguna juga tetap diwajibkan menggunakan nama asli. Setelah memiliki satu akun dengan nama asli, pengguna baru bisa menciptakan profil tambahan.

Lewat perubahan ini, Facebook sepertinya ingin bisa lebih bersaing dengan media sosial lain yang cenderung membebaskan penggunanya memilih "nama lain" di internet. Kebanyakan pengguna TikTok, Twitter, dan Instagram memilih identitas yang unik, berbeda dengan nama aslinya.

Namun, Meta menegaskan aturan soal larangan berpura-pura menjadi orang lain atau tindakan lain yang berusaha mengesankan identitas yang berbeda, tetap berlaku.

Juru Bicara Meta, kepada Reuters, menyatakan bahwa kebijakan baru ini baru diuji coba di beberapa negara, tanpa mau menyebutkan secara spesifik negara yang mana.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Meta: Ratusan Akun Facebook Tentara Ukraina Diretas


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading