Resmi! Parlemen AS Minta Facebook Setop Proyek 'Uang' Libra

Tech - roy, CNBC Indonesia
04 July 2019 10:20
Parlemen AS meminta Facebook untuk menghentkan sementara pengembangkan proyek cryptocurrency atau mata uang digital Libra dan dompet digital Calibra.
Jakarta, CNBC Indonesia - Parlemen Amerika Serikat (AS) meminta Facebook untuk menghentkan sementara pengembangkan proyek cryptocurrency atau mata uang digital Libra dan dompet digital Calibra. Permintaan ini disampaikan melalui surat resmi parlemen.

Parlemen AS meminta Facebook menunda pengembangan proyek Libra dan Calibra hingga parlemen selesai menyelidiki mengenai risiko yang mungkin timbul dari cryptocurrency ini kepada sistem keuangan global.


Surat resmi parlemen AS yang ditandatangani Ketua Komite Jasa Keuangan AS Maxine Waters ini dikirimkan kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg, Chief Operating Officer Sheryl Sandberg, dan CEO Calibra David Marcus, The Verge melaporkan dan dikutip CNBC Indonesia, Kamis (4/7/2019).


"Jika produk dan layanan seperti ini dibiarkan tidak diatur dengan benar dan tanpa pengawasan yang memadai, mereka dapat menimbulkan risiko sistemik yang membahayakan AS dan stabilitas keuangan global," tulis Water dalam surat tersebut. "Kerentanan ini dapat dieksploitasi dan dikaburkan oleh aktor jahat, seperti yang terjadi pada cryptocurrency, lembaga pertukaran, dan dompet lainnya di masa lalu."

Resmi! Parlemen AS Minta Facebook Tunda Proyek 'Uang' LibraFoto: Doc. Facebook

"Karena Facebook sudah berada di tangan lebih dari seperempat populasi dunia, sangat penting bahwa Facebook dan mitranya segera menghentikan rencana implementasi sampai regulator dan Kongres memiliki kesempatan untuk memeriksa risiko ini dan mengambil tindakan."

Ketidakpercayaan akan proyek cryptocurrency Facebook tak hanya diserukan oleh parlemen AS. Ketua Senat bidang perbankan Mike Crapo juga telah menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan David Marcus pada 16 Juli 2019. Sehari setelahnya parlemen AS mengadapkan audiensi mengenai proyek ini.


"Kami berharap dapat bekerja sama dengan anggota parlemen ketika proses ini berjalan maju, termasuk menjawab pertanyaan mereka pada sidang Komite Jasa Keuangan mendatang," kata juru bicara Facebook.

Simak video tentang Facebook Libra di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading