Kisah Twitter yang Jadi 'Tong Sampah' Saat WhatsApp Cs Down

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 July 2019 13:53
Kisah Twitter yang Jadi 'Tong Sampah' Saat WhatsApp Cs Down
Jakarta, CNBC Indonesia - Para warga net (netizen) ramai mengeluh soal Facebook, WhatsApp, dan Instagram di Twitter semalam (3/7/2019). Mereka mengeluh soal sulitnya mengirim dan menerima foto, video dan file lainnya. Namun kini layanan ini sudah normal kembali.

Para netizen memang menjadikan Twitter sebagai wadah berkeluh kesah ketika Facebook, WhatsApp, dan Instagram down. Media sosial ini memang lebih stabil ketimbang media sosial besutan Facebook.


Di Twitter pun ramai muncul sindiran-sindiran terhadap Facebook, WhatsApp dan Instagram. Contohnya dari pemilik akun @inioluwaadesola yang menggambarkan perasaannya ketika media sosial Facebook down dengan kembali ke masa pra sejarah.


Kisah Twitter yang Jadi 'Tong Sampah' Saat WhatsApp Cs DownFoto: Facebook Cs down (twitter)

Sindiran juga lontarkan oleh pemilik akun @Angelaanthony15 yang tidak ingin Bos Facebook akuisisi twitter karena tidak ingin bangun dengan kondisi media sosial down.

Kisah Twitter yang Jadi 'Tong Sampah' Saat WhatsApp Cs DownFoto: Facebook down (Twitter)

Asal tahu saja, Sudah tiga kali Facebook cs down tahun ini. Pada 13 Maret 2019, Facebook, WhatsApp, dan Instagram down secara bersama sejak pukul 09.00 Pacific Time. CNET melaporkan aplikasi ini down selama 14 jam lebih.

Facebook tidak menjelaskan alasan kenapa beberapa pengguna kesulitan mengakses media sosial paling populer ini. Namun, Facebook mengkonfirmasi dan menyatakan akan menyelesaikan masalah ini secepatnya.


Kasus Facebook down pertama di 2019 ini menjadi yang terlama dalam sejarah Facebook. Kasus yang sama, Facebook down dalam jangka waktu lama terjadi pada 2008 tetapi tidak selama saat ini. Kala itu Facebook memiliki 125 juta pengguna.

Kasus Facebook, WhatsApp, dan Instagram down juga terjadi pada 22 Mei hingga 24 Mei 2019. Pengguna sulit untuk mengupload dan mendownload foto dan video. Kasus ini hanya terjadi di Indonesia.


Facebook, WhatsApp dan Instagram down atas permintaan pemerintah. Pemerintah ingin mencegah penyebaran konten negatif dan hoaks dari demo 22 Mei di Bawaslu menolak hasil pemilihan presiden 2019 yang berakhir ricuh.

Simak video tentang Facebook down di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading