Kompak Down, Simak Penjelasan Lengkap Facebook & WhatsApp Cs

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
04 July 2019 14:17
Kompak Down, Simak Penjelasan Lengkap Facebook & WhatsApp Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat bermasalah (down), kemarin (3/7/2019). Facebook Inc mengakui tiga aplikasi tersebut sempat down tetapi kini sudah kembali normal.

Sebelumnya, banyak pengguna yang mengeluhkan mereka tidak dapat mengirim dan mendownload gambar, video dan file lainnya yang dikirim melalui platform media sosial Facebook Group. 


Instagram melalui akun resminya menyatakan permohonan maaf atas masalah dan ketidaknyamanan pengguna karena sulitnya mengakses platform tersebut.


"Kami menyadari bahwa beberapa orang kesulitan mengunggah atau mengirim gambar dan video di Instagram. Kami, mohon maaf atas masalah ini dan berupaya memulihkan keadaan secepat mungkin." Dikutip dari akun twitter resmi Instagram, Kamis (04/07/2019).

Foto: REUTERS/Eric Gaillard

Beberapa saat kemudian, akun resmi milik Facebook pun memposting permohonan maaf yang serupa. Namun, tak sampai satu hari platform yang mengalami gangguan sudah pulih kembali dan bisa diakses secara normal.

"Sebelumnya hari ini, beberapa orang dan bisnis (pengiklan) mengalami masalah dalam mengunggah atau mengirim gambar, video dan file lainnya di aplikasi dan platform kami. Kami kembali! Masalah telah diatasi dan kami harus kembali 100% untuk semua orang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi."


Gangguan tersebut ditegaskan kembali oleh Facebook, dikutip dari CNBC Internasional, bahwa karena adanya salah satu pemeliharaan rutin, ada ketidaksengajaan yang ternyata memicu masalah yang menyulitkan untuk beberapa pengguna.

Sebuah perusahaan yang memonitor lalu lintas internet secara global, ThousandEyes menyebutkan "gangguan tampaknya terkait dengan infrastruktur internal atau masalah aplikasi."


Pemadaman sebagian membuat frustrasi para pengguna jaringan sosial terbesar di dunia ini, banyak pengguna yang berkeluh kesah di twitter. 14.000 lebih pengguna berkeluh kesah soal Instagram down, 7.500 pengguna mengeluh soal Facebook down dan 1.600 pengguna mengeluh soal WhatsApp down, menurut situs downdetector.com, situs pelacak situs down. 

Negara bagian Eropa dan Amerika Serikat (AS) adalah yang paling terdampak dari down nya Facebook cs tersebut.

Simak video tentang Facebook di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading