Selain Anthony Tan, Inilah Sosok di Balik Keberhasilan Grab,

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 June 2019 12:27
Anthony Tan dikenal sebagai sosok yang membesakan Grab Holding sejak awal hingga saat ini.
Jakarta, CNBC Indonesia- Anthony Tan dikenal sebagai sosok yang membesakan Grab Holding sejak awal hingga saat ini. Namun dia tidak sendirian, masih ada seorang lagi sosok di balik kesuksesan Grab, yakni Tan Hooi Ling selaku Co-Founder.

Dibandingkan dengan Anthony, Ling memang jarang tampil di hadapan publik. Namun sejak akhir tahun lalu dia melawan sisi introvertnya dan mulai tampil di hadapan banyak orang. Menurutnya, tampil dihadapan publik merupakan salah satu bagian dari pekerjaannya di Grab Holding.


Meski sudah bersedia tampil di hadapan publik, dia mengakui hanya bisa melakukannya beberapa bulan sekali. Tampil di hadapan publik menurutnya cukup menguras energi, sehingga tidak bisa sering dilakukan. Setelah tampil di depan umum, dia akan beristirahat sepanjang malam untuk menikmati waktu dengan membaca buku, berjalan-jalan ataupun makan sendirian


"Ketika saya melakukan kegiatan sehari-hari, konferensi dan berada di panel, menghabiskan banyak energi, tetapi bukan berarti saya tidak menikmatinya," kata Ling dikutip dari Tech In Asia, Senin (24/06/2019).

Ling mulai tampil di muka umum saat menjadi pembicara di RISE konferensi teknologi di Hong Kong pada akhir 2018. Tidak berhenti di sana, dia juga melakukan wawancara dengan situs berita teknologi asal Amerika Serikat, Recode, dan wawancara dengan media seperti Bloomberg dan CNBC.

Meski jarang terlihat seperti rekannya, Ling berperan besar dalam perkembangan Grab. Selama ini Ling kalah populer dari Anthony karena lebih fokus pada operasional perusahaan.


"Kami memiliki kekuatan untuk saling melengkapi, kami seperti yin dan yang. Anthony Tan adalah orang yang fokus pada pemasaran dan hubungan investor. Saya lebih ke operasional perusahaan. Saya selalu memastikan pekerja kami memproses pekerjaan dengan benar," ujar Ling sebelumnya.

Ketika meluncurkan MyTeksi, cikal bakal GrabTaxi, Hooi Ling masih bekerja di McKinsey di Amerika Serikat. Dia kemudian mundur dan kembali ke Malaysia karena melihat peluang besar di startup.

Saksikan Video Laju Bisnis Grab Indonesia Usai Jadi Decacorn

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading