Grab Uji Coba Denda Cancel Order, Ini Kata Kemenhub

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
18 June 2019 16:26
Grab Uji Coba Denda Cancel Order, Ini Kata Kemenhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah Singapura dan Filipina, giliran Grab Indonesia yang akan menerapkan biaya pembatalan order. Uji coba penerapan aturan ini dilakukan di dua kota, yakni Palembang dan Lampung.

Denda dikenakan setelah lima menit lebih pengguna mendapatkan driver, dan membatalkannya. Biaya pembatalan juga dikenakan jika pengguna tidak muncul saat mitra pengemudi tiba. Sementara jika sebelum lima menit penumpang melakukan pembatalan, maka tidak dikenakan biaya.


Penumpang tidak akan dikenakan denda bila mitra pengemudi terlalu lama sampai atau tidak bergerak menuju lokasi jemput. Begitu pula jika mitra pengemudi Grab yang melakukan pembatalan perjalanan, penumpang tidak akan dikenai biaya.


Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan belum mengetahui tentang uji coba tersebut dan belum bisa memastikan apakah aturan tersebut bisa dilakukan atau tidak.

Grab Uji Coba Denda Cancel Order, Ini Kata KemenhubFoto: Media briefing Grab terkait bisnis 2019 yang disampaikan President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. (CNBC Indonesia/Yanurisa Ananta)

"Saya belum tahu [soal denda cancel order]," ujar Ahmad Yani ketika ditemui di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Ahmad Yani menambahkan Kemenhub akan akan menanyakan hal ini kepada Grab. Salah satu yang ditanyakan soal mekanisme penagihannya.


"Kalau driver masih mungkin dikenakan [denda] seperti ini kalau membatalkan. Tetapi kalau konsumen, ya terserah mau naik apa juga boleh," jelas Ahmad Yani.

Sebelumnya Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan uji coba ini dilakukan dalam waktu satu bulan, dan akan dicari parameter yang tepat. Kedua kota tersebut dipilih, karena kondisi penumpang dan pengemudinya lebih beragam.

Simak vide tentang kebijakan denda pembatalan order di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading