Cancel Order Grab Dikenakan Denda, Ini Nilainya!

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
18 June 2019 15:32
Setelah Singapura dan Filipina, giliran Grab Indonesia yang akan menerapkan biaya pembatalan order.
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah Singapura dan Filipina, giliran Grab Indonesia yang akan menerapkan biaya pembatalan order. Namun aturan ini masih dalam tahap uji coba di dua kota, yakni Palembang dan Lampung.

Lalu, berapa biaya pembatalan yang dikenakan?

Berdasarkan notifikasi dari Grab, ketentuan ini baru berlaku pada 17 Juni 2019, di Lampung dan Palembang untuk Grab Car dan Grab Bike. Denda yang dikenakan untuk pembatalan sebesar Rp 3.000 untuk GrabCar dan Rp 1.000 untuk GrabBike 



Denda dikenakan setelah lima menit lebih pengguna mendapatkan driver, dan membatalkannya. Biaya pembatalan juga dikenakan jika pengguna tidak muncul saat mitra pengemudi tiba. Sementara jika sebelum lima menit penumpang melakukan pembatalan, maka tidak dikenakan biaya.

Penumpang tidak akan dikenakan denda bila mitra pengemudi terlalu lama sampai atau tidak bergerak menuju lokasi jemput. Begitu pula jika mitra pengemudi Grab yang melakukan pembatalan perjalanan, penumpang tidak akan dikenai biaya.

Cancel Order Grab Dikenakan Denda, Ini Besarannya!Foto: Notifikasi biaya pembatalan grab untuk pengguna di Lampung (dok Grab)


Seperti di negara lain yang telah diterapkan lebih dulu, kebijakan biaya untuk pembatalan pesanan ditujukan untuk melindungi driver. Grab telah menerapkan kebijakan ini di beberapa negara.

Sebelumnya Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan uji coba ini dilakukan dalam waktu satu bulan, dan akan dicari parameter yang tepat. Kedua kota tersebut dipilih, karena kondisi penumpang dan pengemudinya lebih beragam.


Namun penumpang tidak akan dikenakan biaya, jika pembatalan dilakukan oleh pihak driver. Aturan ini menurutnya diterapkan untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

"Kita lakukan piloting. Kita lihat dulu respons masyarakat seperti apa. Ada algoritma yang digunakan, untuk fearness, dimana cancellation fee ini untuk waktu lebih dari lima menit," kata Ridzki.

Saksikan Video Grab Lanjutkan Tarif Baru Ojol

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading