Trump Larang Perusahaan AS Pakai Perangkat Huawei Cs?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 May 2019 10:31
Trump Larang Perusahaan AS Pakai Perangkat Huawei Cs?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump diperkirakan akan menandatangani perintah eksekutif minggu ini yang melarang perusahaan-perusahaan AS menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang menimbulkan risiko keamanan nasional.

Perintah eksekutif ini akan menjadi jalan bagi AS larangan pengunaan perangkat Huawei. Hal ini diungkapkan oleh tiga pejabat AS kepada Reuters, yang dikutip Rabu (15/5/2019).

Aturan ini telah dipertimbangkan selama setahun lebih dan telah ditunda berkali-kali pengumumannya. Perintah eksekutif ini akan menggunakan dasar Undang-Undang International Emergency Economic Power Act, yang memberikan wewenang khusus kepada presiden dalam menanggapi keadaan darurat nasional yang mengancam AS.


AS yakin peralatan yang dibuat oleh Huawei Technologies Co Ltd, pembuat smartphone terbesar ketiga di dunia, dapat digunakan oleh China untuk memata-matai. Huawei, yang berulang kali membantah tuduhan itu, tidak segera berkomentar. Gedung Putih dan Departemen Perdagangan menolak berkomentar.

Amerika Serikat telah secara aktif mendorong negara sekutunya untuk tidak menggunakan peralatan Huawei dalam jaringan 5G generasi mendatang yang disebutnya "tidak dapat dipercaya." ZTE Corp.

Pada bulan Januari lalu, jaksa AS mendakwa dua unit Huawei di negara bagian Washington bersekongkol untuk mencuri rahasia dagang T-Mobile US Inc, dan juga menuduh Huawei dan petinggi perusahaan melakukan penipuan yang melanggar sanksi terhadap Iran.

Simak video AS larang sekutunya gunakan produk Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading