Semua Ponsel Huawei Tak Dapat Update Google Android Lagi?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 August 2020 09:15
Huawei smartphones are seen in front of displayed Google Play logo in this illustration picture taken May 20, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Lisensi umum sementara, yang membolehkan Huawei berbisnis dengan sejumlah perusahaan AS sudah kadaluarsa pada 16 Agustus 2020 dan belum diperpanjang. Hal ini bisa berdampak pada ponsel Huawei tak dapat update Google Android lagi?

Lisensi umum sementara ini diterbitkan oleh Departemen Perdagangan AS sejak Mei 2019 setelah Presiden Donald Trump memasukkan Huawei dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) yang melarang perusahaan AS berbisnis dengan Huawei tanpa izin pemerintah.

Lisensi ini berlaku selama 90 hari dan sudah empat kali di perpanjang. Salah satu alasan memperpanjang adalah memberikan kesempatan pada operator telekomunikasi lokal di daerah pelosok AS untuk mengganti perangkat Huawei dalam infrastrukturnya.


Lisensi ini juga menjadi landasan bagi perusahaan software AS seperti Google Android tetap mengirimkan update dan patches ke ponsel Huawei yang menggunakan sistem operasi Android. Tanpa lisensi ini kemungkinan tak ada update Android ke ponsel Huawei.

Departemen Perdagangan AS mengkonfirmasi bahwa lisensi telah kedaluwarsa. "Lisensi tersebut telah memberikan kesempatan bagi pengguna Huawei dan operator telekomunikasi untuk terus mengoperasikan perangkat dan jaringan yang ada untuk sementara sambil mempercepat transisi ke pemasok alternatif," ujar Departemen Perdagangan AS seperti dihimpun dari Washington Post, Selasa (18/8/2020).

Seorang juru bicara Huawei mengatakan perusahaan sedang "memantau situasi dan menilai potensi dampaknya."

Juru bicara Google Jose Castaneda mengatakan adanya lisensi umum sementara yang diterbitkan sementara oleh pemerintah AS telah memungkinkan perusahaan untuk mengirim update ke ponsel Huawei. Namn ia menolak berkomentar lebih lanjut soal kadaluarsanya izin dan belum diperpanjang pemerintah.

Huawei sendiri memiliki sistem operasi bernama HarmonyOS. Layanan ini belum ditawarkan ponsel ponsel Huawei.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading