Internasional

Huawei Bantah Tuduhan Curi Rahasia Dagang AS

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
01 March 2019 17:08
Huawei Bantah Tuduhan Curi Rahasia Dagang AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Device Co Ltd dan Huawei Device USA Inc menyatakan tidak bersalah atas tuduhan Amerika Serikat (AS) tentang konspirasi rahasia dagang dan lainnya. Tanggal persidangan telah ditetapkan pada Maret 2020, kata Departemen Kehakiman mengatakan pada Kamis (28/2/2019).

Unit-unit Huawei Technologies Co Ltd China didakwa di Pengadilan Distrik AS di Seattle, dan Hakim Distrik AS Ricardo S. Martinez mengadili pada 2 Maret 2020, seperti dikutip dari Reuters.


Kedua perusahaan didakwa dalam dakwaan yang tidak disegel pada bulan lalu bahwa mereka berkonspirasi untuk mencuri rahasia dagang T-Mobile US Inc antara 2012 dan 2014.


Tuduhan itu menambah tekanan dari pemerintah AS pada pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, Huawei. Washington berusaha mencegah perusahaan-perusahaan Amerika dari membeli router dan switch Huawei dan mendesak negara sekutu untuk melakukan hal yang sama.

T-Mobile menuduh Huawei mencuri teknologi yang disebut "Tappy," Teknologi yang meniru jari manusia dan digunakan untuk menguji ponsel cerdas. Huawei mengatakan kedua perusahaan menyelesaikan perselisihan mereka pada tahun 2017.

Secara terpisah, jaksa federal di Brooklyn telah menuduh Huawei dan afiliasinya dengan penipuan bank dan kawat atas tuduhan bahwa mereka melanggar sanksi terhadap Iran. Tanggal dakwaan belum ditetapkan dalam kasus itu, yang telah menambah ketegangan Washington dengan Beijing.

AS juga mencari ekstradisi dari kepala keuangan Huawei dan putri pendirinya, Meng Wanzhou dari Kanada, setelah menuntutnya dengan penipuan bank dan wire.

Pada Selasa, Seorang pejabat senior dunia maya AS mengatakan pemerintah Eropa mendengarkan pesan AS bahwa Huawei memaparkan jaringan telekomunikasi terhadap risiko keamanan.

Tidak ada bukti risiko sekuritas yang telah disampaikan kepada publik bahkan ketika pengawasan terhadap Huawei semakin intensif dan perusahaan itu membantah Beijing dapat menggunakan teknologinya untuk kegiatan memata-matai.

Saksikan video China sangkal tuduhan AS soal Huawei di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading