Buka-bukaan Mantan PM Australia Soal Pemblokiran Huawei

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 March 2019 18:52
Buka-bukaan Mantan PM Australia Soal Pemblokiran Huawei
Jakarta, CNBC Indonesia - Australia jadi negara ketiga yang memblokir keikutsertaan Huawei dan ZTE dalam pembangunan infrastruktur teknologi internet 5G. Keputusan ini sempat menjadi kontroversi karena dianggap tunduk pada keinginan Amerika Serikat (AS).

Namun Malcolm Turnbull membantah rumor tersebut. Menurutnya, Pemerintah Australia telah berusaha untuk menemukan cara agar Huawei dan ZTE ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur teknologi internet lanjutan tersebut.


Namun, pemerintah tidak bisa mengurangi risiko keamanan nasional dari keterlibatan dua raksasa teknologi China tersebut. Australia memblokir Huawei sejak Agustus 2018. Ketika itu Malcolm Turnbull menjabat sebagai perdana menteri Australia, yang kemudian digulingkan.


Malcolm Turnbull mengatakan, keputusan pemerintahannya melarang kedua perusahaan itu didasarkan pada kebutuhan "hedging" terhadap risiko di masa depan.

Buka-bukaan Mantan PM Australia Soal Pemblokiran HuaweiMantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (Foto: Lukas Coch/via REUTERS)

Teknologi internet 5G lebih menekankan penggunaan software ketimbang hardware. Itu berarti penyedia peralatan dapat memperoleh akses, berpotensi mengambil dan melihat data secara langsung. Aksesnya seperti memantau transfer data, melacak lokasi pengguna ponsel atau menguping pembicaraan.

"Sekarang, perusahaan atau entitas yang menyediakan itu memiliki akses pada data, memiliki kemampuan yang sangat besar, jika ia memilih untuk bertindak berlawanan dengan kami," kata Malcolm Turnbull seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (28/3/2019).

"Tidak ada yang melihat Huawei melakukan itu. Tetapi niat bisa berubah dalam sekejap, jadi Anda harus melakukan hedging dan memperhitungkan risiko dari perubahan niat tersebut di masa mendatang," ungkap Malcolm Turnbull.

Simak video tentang China yang menolak tuduhan spionase dari AS di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading