Cryptocurrency

Blokir Bitcoin, Facebook Diam-diam Bikin Cryptocurrency

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 March 2019 13:06
Blokir Bitcoin, Facebook Diam-diam Bikin Cryptocurrency
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc sedang menjalankan proyek rahasia pengembangan cryptocurrency. Bahkan proyek ini dirahasiakan dari karyawan Facebook sendiri. Hanya sebuah tim kecil yang mengetahui perkembangan proyek ini.

New York Times melaporkan dan dikutip CNBC International, Jumat (1/3/2019), menyebutkan tim rahasia pengembangan ini membutuhkan akses kunci yang berbeda dengan karyawan lain untuk bisa masuk ke ruangannya, mengutip dua karyawan Facebook yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan.


Pengembangan blockchain dan cryptocurrency Facebook dijalankan oleh mantan presiden PayPal David Marcus. Baru-baru ini, David Marcus merekrut sekelompok karyawan dari Chainspace, startup blockchain.


Raksasa teknologi itu belum secara terbuka mengatakan apa yang sedang dikerjakan tim itu. Tetapi Bloomberg News melaporkan pada Desember lalu bahwa Facebook ingin memperkenalkan mata uang digital sendiri ke pengguna premiumnya, yang memungkinkan mereka mengirim uang melalui WhatsApp, yang dimiliki Facebook.

Opsi itu akan memungkinkan pengguna Facebook untuk mengirim uang ke teman dan keluarga secara instan, kata Times, mengutip lima orang yang diberi pengarahan tentang proyek tersebut.

Proyek-proyek yang dikembangkan Facebook dan aplikasi perpesanan lainnya akan mencari cara untuk menjadikan cryptocurrency sebagai pembayaran peer-to-peer yang dapat diakses, menurut laporan tersebut.

Mulai 1 Februari 2018, Facebook memblokir iklan Bitcoin. Manajemen mengatakan promosi tersebut mengandung penipuan dan menyesatkan pengguna Facebook.


Saksikan video tentang rencana Facebook integrasikan FB Messenger, WhatsApp, dan Instagram di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading