Ponsel

Fitur Penting Android yang Tak Ada di Samsung Galaxy S10

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
01 March 2019 11:52
Samsung Galaxy S10 akan diluncurkan April 2019.
Jakarta, CNBC IndonesiaGoogle terus memperbaharui perangkat lunak dan telah merilis sistem operasi Android 9.0 Pie untuk umum pada Agustus 2018. Versi terbaru dan terhebat dari platform seluler Google ini menampilkan sejumlah fitur luar biasa, seperti teknologi Baterai Adaptif yang dapat memperpanjang masa pakai baterai dan prediksi aplikasi yang didukung kecerdasan buatan (AI).

Android Pie dikemas dengan fitur-fitur baru serta penyempurnaan dari fitur sebelumnya. Ini adalah peningkatan fantastis yang disukai pengguna Android. Android 9.0 Pie dipasang pada kurang dari 0,1% dari semua perangkat Android pada dasbor distribusi versi Google yang terakhir kali diperbarui pada Q4 2018.

Mendapatkan pembaruan sistem lebih cepat untuk ponsel Android jelas merupakan prioritas utama bagi Google dan mitra vendornya, tetapi ada fitur baru lain yang melibatkan pembaruan yang meningkatkan aspek lain dari proses pembaruan perangkat lunak yaitu Pembaruan Sistem Seamless (Seamless System Updates).


Smartphone biasanya menginstal pembaruan sistem dengan cara tradisional dan pengguna tidak dapat menggunakannya saat pembaruan berlangsung. Tetapi sistem baru Google mengubah cara instalasi pembaruan dan sehingga pengguna bahkan tidak tahu pembaruan sedang berlangsung, karena Android terus berfungsi seperti biasanya, dan beberapa saat setelahnya smartphone Anda telah diperbarui.

Fitur penting Android yang Tak Ada di Samsung Galaxy S10Foto: Samsung Galaxy S10e, S10, S10 + dan Samsung Galaxy S10 5G. REUTERS/Henry Nicholls

Pembaruan Sistem Seamless Google ini mirip dengan pembaruan pada komputer Windows atau macOS. Di mana ketika pengguna mengunduh, unduhan akan berada pada latar belakang saat Anda melakukan hal-hal lain. Tetapi sistem baru ini mengambil langkah besar lebih jauh dengan sepenuhnya menghilangkan downtime.

Setelah instalasi selesai, perangkat lunak yang diperbarui diterapkan pada saat ponsel pengguna melakukan reboot. Ini adalah solusi elegan yang pertama kali diperkenalkan Google di Chrome OS, tetapi tampaknya tidak semua mitra Android Google memiliki semangat yang sama dengan Pembaruan Sistem Seamless ini.

Dilansir dari blog berita Samsung, SamMobile, Samsung memilih untuk tidak mengimplementasikan Seamless System Updates pada smartphone Galaxy S10e, Galaxy S10, atau Galaxy S10+ yang baru, BGR.com melaporkan.

Keluarga Galaxy S10 adalah lompatan besar untuk Samsung. Ada begitu banyak teknologi baru dan begitu banyak fitur baru yang dimasukkan ke dalam ponsel ini sehingga Samsung sedikit mengecewakan memilih untuk tidak menerapkan Pembaruan Sistem Seamless.

Saksikan video peluncuran Samsung Galaxy Fold dan S10 di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading