Resmi! Go-Jek Lebarkan Sayap Ekspansi ke Tarakan

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 March 2019 11:21
Resmi! Go-Jek Lebarkan Sayap Ekspansi ke Tarakan
Jakarta, CNBC IndonesiaGo-Jek melebarkan sayap dan resmi membuka layanannya di Tarakan, Kalimantan Utara. Akan ada tiga layanan Go-Jek yang beroperasi yaitu Go-Ride, Go-Send dan Go-Food.

Dikutip dari keterangan tertulis Go-Jek Jumat (29/3/2019) peresmian Go-Jek dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Udin Hianggio. Dalam sambutannya mengatakan agar Go-Jek dapat bermanfaat dengan baik bagi masyarakat kota, serta tulus santun dan ramah dalam melayani. Dia juga berharap para mitra driver dalam pelayanannya senantiasa menaati peraturan lalu lintas.

Sementara itu, VP Go-Jek Regional Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja mengatakan Go-Jek memiliki misi untuk memberikan manfaat sosial bagi masyarakat Indonesia.


"Dengan operasional yang diperluas, diharapkan lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra driver di Tarakan yang bisa merasakan manfaat teknologi, khususnya dalam membantu perekonomian daerah," katanya.


Layanan Go-Ride misalnya, akan mempermudah alternatif bertransportasi bagi masyarakat Tarakan maupun penduduk sekitar yang berkunjung ke kota ini. Sebagai kota "Paguntaka", banyak orang dari kabupaten-kabupaten di Kalimantan Utara yang berkunjung ke Tarakan untuk berbagai keperluan.

Sementara itu, UMKM di Kalimantan Utara berpotensi meningkatkan penjualannya dengan hadirnya Go-Food. Saat ini ada sekitar 5.450 pelaku di sektor UMKM, di mana 90 persen di antaranya sebagai usaha mikro.

"Melalui layanan Go-Food, khususnya UMKM kuliner punya kesempatan untuk go online. Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Tarakan yang mendorong UMKM memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperluas jangkauan pemasarannya," ungkap Anandita lagi.

Berdasarkan riset yang dilakukan LD FEB UI pada tahun 2018, 93% UMKM mengalami peningkatan transaksi setelah bergabung dengan GOJEK. Meningkatnya jumlah transaksi tentu akan berdampak pada perkembangan usaha nasional.

Hasil riset juga mencatat pada 2018, Go-Jek telah berkontribusi Rp16,5 triliun per tahun dari penghasilan mitra driver dan Rp18 triliun dari mitra UMKM terhadap perekonomian nasional.

Saat ini, Aplikasi Go-Jek saat ini telah didownload lebih dari 125 juta kali per Oktober 2018 dan telah dinikmati masyarakat di 200 kota dan kabupaten di Indonesia. Sebagai penyedia layanan, Go-Jek telah menghubungkan lebih dari satu juta pekerja sektor informal serta UMKM dengan konsumen di seluruh Indonesia.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading