Go-Jek Bikin Harga Rumah Murah, Pengamat: Tak Ada Hubungannya

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 February 2019 17:27
Go-Jek Bikin Harga Rumah Murah, Pengamat: Tak Ada Hubungannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Go-Jek disebut bakal memengaruhi budaya masyarakat dalam hal melakukan berbagai aktivitas ekonomi dan sosial. Bahkan, kehadiran Go-Jek diklaim akan memengaruhi harga rumah di masa depan.

Sebagai contoh, masyarakat nantinya sudah tidak lagi mempertimbangkan pembelian rumah dengan melihat lokasinya yang strategis dan kemudahan akses ke berbagai tempat seperti pasar hingga transportasi.



"Kita lihat dengan adanya Go-Jek, ini budaya Go-Jek dan GoPay bisa memengaruhi harga rumah," kata Senior Vice President (SVP) Teknologi Informasi Bank BNI M Faisal Jazuli.


"Contohnya, dulu kalau kita cari rumah kan selalu memikirkan akses, bagaimana kita dapat akses layanan pasar, cari sesuatu gampang, dekat dengan sumber,"

Meski demikian, Head of Research and Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus memandang pernyataan tersebut terlalu berlebihan. Kehadiran Go-Jek sama sekali tak memengaruhi harga rumah.

Go-Jek Bikin Harga Rumah Murah, Pengamat: Tak Ada HubungannyaFoto: Ilustrasi Rumah Bersubsidi (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

"Gak ada hubungan antara harga rumah dengan gojek," kata Anton saat berbincang dengan CNBC Indonesia melalui pesan singkat, Rabu (27/2/2019).

Anton tak memungkiri kehadian Go-Jek memang memberikan pengaruh budaya masyarakat terkait persoalan belanja dan bepergian. Namun, hal tersebut tak langsung memengaruhi harga rumah.



"Kalau berpendapat sampai membuat harga rumah menjadi murah, menurut saya terlalu jauh pemikirannya," kata Anton.

"Go-Jek itu hanya memudahkan orang dalam bepergian, membeli sesuatu, mengantarkan barang dan sebagainya. Tapi tidak berarti membuat akses mudah," tegasnya.


Saksikan video mengenai KPR milenial berikut ini.



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading