Driver Grab & Gojek Cs Mau Punya Rumah? Ini Caranya!

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
09 July 2020 18:33
Driver Ojek online menunggu penumpang di kawasan Stasiun Pal Merah Jakarta, Selasa (10/3). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kenaikan tarif ojol. kenaikan tarif mulai 16 Maret 2020 berkisar antara Rp 150 hingga Rp 250 per kilometer (km). Kenaikan ini disambut baik oleh driver Gojek, Haryanto 35 tahun saat ditemui di pangkalan gojek Stasiun Pal Merah mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisioner BP Tapera Adi Setianto menegaskan bahwa para pekerja informal seperti driver ojek online Grab dan Gojek punya kesempatan mengakses pembiayaan perumahan jika mendaftar sebagai peserta tabungan perumahan rakyat (Tapera). Demikian disampaikan di sela rapat bersama Komisi V DPR RI, Kamis (9/7/20).

Dikatakan bahwa memang ada penerima manfaat Tapera dengan kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Yakni disebutkan minimal Rp 1,7 juta hingga Rp 8 juta yang berhak mengakses pembiayaan. Di bawah itu, ada pula kategori yang disubsidi pemerintah.

"Mengenai subsidi, pemerintah bisa menyalurkan dengan tepat. Kalau yanh di bawah UMR ikut itu boleh, karena di PP begitu. Jadi setiap pekerja yang informal mau nabung monggo," tegasnya.


Pekerja informal ini meliputi para pemilik penghasilan yang tidak tentu seperti tukang ojek online (ojol) dan sebagainya. Selama ini, para pekerja informal memang kesulitan memperoleh pembiayaan perumahan.

Dalam hal ini, Adi Setianto menegaskan bahwa pihaknya siap pasang badan untuk menghadapi perbankan.

"Jadi bank itu syaratnya ribet untuk ngecek nasabah. Kebetulan saya dari perbankan, jadi syarat dengan bank apa sih? Kalau saya (Tapera) mau ambil alih boleh gak? Jadi nabung 12 bulan biasanya bank udah merem, karena dia liat cashflow," tandasnya.

Dia menegaskan bahwa BP Tapera punya power untuk melobi pihak perbankan. Sebab, jika para pekerja ini sudah menabung di Tapera, maka arus kas yang jadi pertimbangan adalah Tapera.

"Nah insya Allah dengan 29 syarat perbankan insya Allah kita bisa nego dengan mereka karena yang dilihat kami," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading