Duh! Bagas31 & Kuyhaa Jual Software di Tokopedia & Shopee

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
09 July 2020 18:13
Wah! Indonesia Juara Pengguna Software Bajakan (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi kalian yang suka mencari software murah dan gratisan untuk komputer PC pasti tidak asing lagi dengan situs Bagas31 dan Kuyhaa. Kini software yang dipajang di kedua situs ini diperjualbelikan di e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, Kamis (9/7/2020), software dari situs Bagas31 dijual oleh pelapak bernama Bagas31.info di Tokopedia. Mereka menjual paket software dalam bentuk flashdisk dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 279 ribu.

Software BajakanFoto: Software bajakan dari Bagas31 dan Kuyhaa dijual di Tokopedia (doc. Tokopedia)

Kumpulan Software ini nantikan dimasukkan ke dalam flashdisk 16 GB dan 32 GB dan pembeli dapat mengganti jika tidak menginginkan salah satu software dalam paket yang ditawarkan atau memesan software yang diinginkan.


Software dari situs Kuyhaa dijual oleh pedagang bernama Conviction Spot. Mereka menjual sekumpulan software yang dimasukkan ke dalam flashdisk. Harga yang ditawarkan mulai 150 ribu.

Software bajakanFoto: Software bajakan dari Bagas31 dan Kuyhaa dijual Shopee (doc. Shopee)

Hal yang sama juga ditemukan di Shopee. Kumpulan software yang ada di situs Bagas31 dijual bebas. Salahnya pedagang Anasofa.marketz. Pedagang ini menawarkan kumpulan paket software dalam bentuk flashdisk dengan harga Rp 253 ribu.

Asal tahu saja, Bagas31 dan Kuyhaa merupakan situs yang menawarkan software bajakan secara gratisan maupun dengan harga yang lebih murah dari harga software original. Tindakan ini merupakan ilegal dan melanggar hak cipta.

Tindakan Bagas31 dan Kuyhaa juga merugikan developer atau pengembang sofware karena hasil jerih payah mereka tidak dibayarkan secara pantas dan akhirnya merusak pasar software.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading