Ssst.. Ada Diskriminasi Harga Netflix Hingga Youtube di RI

Tech - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
09 July 2020 17:19
This July 17, 2017, photo shows a Netflix logo on an iPhone in Philadelphia. (AP Photo/Matt Rourke)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah riset menarik dibuat VPNpro terhadap data layanan online hiburan di 156 negara. Setidaknya, ada 10 platform hiburan yang dikaji.

Hasilnya, cukup mencengangkan. Di mana, riset tersebut menyebut ada "diskriminasi" harga antara negara yang satu dengan yang lain.



Netflix misalnya, harga di Jepang berbeda dengan harga di Bolivia. Dengan harga di negeri Sakura adalah US$ 7,2 (sekitar Rp 103.864) sementara di negara latin itu, harganya mencapai US$ 9.

Hal senada juga terjadi pada penyedia layanan game online Steam. Layanan distribusi digital video game oleh Valve itu, mematok harga tiga kali lipat lebih mahal di Jepang, terutama jika dibanding Argentina.




Sebenarnya, dalam kajiannya, VPN Pro memisahkan ke 10 platform itu dalam tiga kategori besar. Pertama, streaming video mencakup Netflix, Amazon Prime Video, Twitch Prime, Youtube Premium.

Kedua, streaming musik meliputi Spotify, Apple Music. Dan ketiga, toko permainan video digital mulai dari Steam, Nintendo Game Store , Xbox Game Store, PlayStation Store.

"Data harga dikumpulkan dengan mengunjungi halaman web masing-masing penyedia layanan dan menuliskan harganya," tulis laporan VPNpro seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (9/6/2020).

VPN ProFoto: Dok. VPN Pro



"Dalam beberapa kasus, (kami) menambahkan kode negara ke tauran URL ... sementara dalam kasus lain menggunakan VPN untuk mendapat harga lokal."

Dalam riset tersebut, VPNpro menemukan fakta bahwa penyedia layanan online menggunakan taktik memaksimalkan keuntungan. Tujuannya untuk membebani setiap pelanggan sebanyak yang dia bayarkan.

"Keputusan mengenai banyak biaya dalam satu negara dan negara lain dapat bergantung banyak faktor, termasuk pendapatan rata-rata, demografi, perbedaan kecenderungan yang dihabiskan untuk hiburan, serta popularitas produk tertentu," tulis laporan itu lagi.

Hal lain yang terkait hukum di negara masing-masing juga menjadi faktor penentu. Ada realitas hukum, seperti pemblokiran geografis, atau pajak yang akhirnya membuat harga menjadi berbeda.

HALAMAN SELANJUTNYA >> HARGA LAYANAN DI INDONESIA (NEXT)

Netflix dan Youtube RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading