Google Kini Punya 'Monster' yang Bikin Cemas Netflix Cs

Tech - roy, CNBC Indonesia
29 July 2021 11:35
Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Google telah menjadikan YouTube sebagai 'monster' yang mendisrupsi pasar streaming film yang dikuasai layanan berlangganan seperti Disney+, Netflix, HBO Max dan lainnya.

Pada laporan kinerja kuartal II-2021, Google melaporkan pendapatan iklan YouTube yang mencengangkan, tembus US$7 miliar atau setara Rp 101,5 triliun (asumsi Rp 14.500/US$).

Pada kuartal II-2021, pendapatan Netflix tumbuh 19,4% menjadi US$7,34 miliar sementara pendapatan iklan YouTube tumbuh 83% menjadi US$7 miliar. Ini belum dihitung pendapatan dari pendapatan berlangganan seperti YouTube TV dan YouTube Premium. Netflix sendiri hanya memiliki pendapatan dari berlangganan.


Google mengatakan bulan lalu penonton YouTbe TV sudah tembus 120 juta orang per bulan. Chief Business Officer Google Philipp Schindler mengatakan YouTube TV merupakan "bisnis dengan pertumbuhan tercepat yang kami miliki," jelasnya seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (29/7/2021).

Ini harus jadi sinyal kuat bahwa YouTube mulai merambah bisnis Netflix (memiliki 209 juta pelanggan per akhir Juni 2021), dan Disney+ (103 juta pelanggan per 3 April).

Nielsen mengatakan lebih banyak orang menonton YouTube dan Netflix daripada layanan streaming lainnya. YouTube dan Netflix adalah dua streamer teratas, dengan masing-masing layanan menyumbang 6% dari waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi.

YouTube Shots, layanan video pendek pesan TikTok, menunjukkan hal yang menjanjikan. Google mengatakan metrik penayangan melonjak dari 6,5 miliar penayangan per hari di bulan Maret menjadi 15 miliar penayangan per hari pada akhir kuartal terakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading