Alasan Netflix Garap Game Online Saat Streaming Film Stagnan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 July 2021 13:05
FILE PHOTO: The Netflix logo is seen on their office in Hollywood, Los Angeles, California, U.S. July 16, 2018. REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Eksekutif Netflix akhirnya menjelaskan alasan perusahaan menggarap bisnis video game. Bisnis ini disebut untuk memperluas penawaran produk perusahaan bagi pengguna.

"Kesuksesan inisiatif ini adalah tentang game yang hebat secara fundamental," ujar chief operating officer Netflix Greg Peters, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (22/7/2021). "Kami berpikir kami bisa memberikan lebih banyak nilai hiburan melalui [game]."

Pada tahap awal Netflix akan menawarkan game seluler kepada pelanggan tanpa biaya tambahan. Ini sebagai strategi untuk menambah pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan eksisting. Pada kuartal II-2021, pelanggan di AS dan Kanada turun 400.000, menandakan bisnis stagnan dalam jangka pendek.


Netflix telah merevolusi industri video streaming dengan menggunakan data video streaming untuk merekomendasikan apa yang harus ditonton seseorang dan untuk memandu produksi konten asli. Hasilnya telah membuat Netflix mendominasi dunia hiburan dengan 209 juta pelanggan global dan skema ini diikuti oleh pesaing.

"Mungkin suatu hari nanti kita akan melihat permainan yang melahirkan film atau serial," kata Greg Peters. "Itu akan menjadi tempat yang luar biasa untuk dikunjungi, untuk benar-benar melihat interaksi yang kaya antara berbagai bentuk hiburan ini."

Greg Peters mencatat bahwa Netflix akan melisensikan beberapa game - seperti halnya Netflix membangun layanan videonya di belakang lisensi acara TV dan film - dia mengatakan bahwa kekayaan intelektual Netflix adalah faktor pembeda utama terhadap pesaing lain di industri ini.

"Yang pertama [faktor pembeda] adalah tentang IP yang kami buat," kata Peters. "Kami tahu para penggemar acara kami ingin masuk lebih dalam dan terlibat lebih jauh. Apa yang hebat dari interaktif adalah Anda dapat menyediakan alam semesta yang menyediakan banyak waktu di mana orang dapat terlibat dan menjelajah."

Game tidak akan menjadi pendorong pendapatan independen dalam waktu dekat. Hastings menyebut Netflix sebagai "perusahaan satu produk dengan banyak elemen pendukung."

Bagi yang masih bingung mengapa Netflix beralih dari fokusnya yang terkenal pada streaming, alasannya lebih jelas hari ini: Hastings berharap apa yang berhasil untuk video akan berfungsi lagi untuk bermain game.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading