Neflix Uji Aturan Baru Streaming Film, Tak Bisa Nobar Lagi?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
17 March 2022 20:03
FILE PHOTO: The Netflix logo is shown in this illustration photograph in Encinitas, California, U.S., on October 14, 2014.   REUTERS/Mike Blake/File Photo                         GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix baru saja mengumumkan kenaikan harga terbarunya di beberapa wilayah. Kini perusahaan streaming asal AS itu mengumumkan akan menindak praktik berbagi kata sandi di kalangan para pengguna yang tidak tinggal di dalam satu rumah.

Bagi pengguna yang tidak tinggal serumah tapi berbagi password, akan diminta untuk membayar biaya tambahan atas hak istimewa tersebut.

Dikutip CNBC Indonesia dari The Verge, Kamis (17/3/2022), selama masa uji coba, Netflix akan menjajal pendekatannya di tiga negara yakni Chili, Kosta Rika, dan Peru.


Selain kemampuan untuk mentransfer profil tampilan ke akun baru, baik akun utama sendiri atau milik orang lain, pelanggan akan mendapatkan petunjuk untuk menambahkan penampil tambahan ke paket mereka.

Netflix memberi harga paket tambahan tersebut 2.380 CLP di Chili, 2.99 USD di Kosta Rika, dan 7,9 PEN di Peru. Ini bukan pertama kalinya Netflix bereksperimen dengan pembatasan berbagi kata sandi (password).

Tahun lalu, perusahaan bereksperimen dengan alat verifikasi akun untuk menjaga pengguna yang tidak sah dari mooching akun orang lain.

Tetapi penambahan fitur "tambah anggota ekstra" dan "profil transfer" menunjukkan bahwa Netflix berpikir secara strategis tentang bagaimana perusahan tetap dapat tumbuh.

Dalam sebuah postingan blog, Chengyi Long selaku direktur Inovasi Produk Netflix mengatakan, "Kami selalu memudahkan orang-orang yang tinggal bersama untuk berbagi akun Netflix mereka, dengan fitur seperti profil terpisah dan beberapa stream dalam paket Standar dan Premium kami."

Tentu saja, Netflix berharap dengan kebijakan yang baru itu akan semakin mendorong perusahaan tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Meskipun sangat populer dilakukan, praktik itu juga menyebabkan kebingungan tentang kapan dan bagaimana Netflix bisa dibagikan.

"Akibatnya, akun dibagikan di antara rumah tangga yang mana itu memengaruhi kemampuan kami untuk berinvestasi dalam TV dan film baru yang hebat untuk pelanggan kami," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Nonton Film di IndoXXI, LK21 & Dunia21, Bahaya Datamu!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading