Internasional

iPhone X Series Bikin Pengguna Android Hijrah ke Apple

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 December 2018 19:22
iPhone X Series Bikin Pengguna Android Hijrah ke Apple
Jakarta, CNBC Indonesia - Model Apple iPhone terbaru membuat jumlah pengguna android yang pindah ke iPhone meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini merupakan laporan terbaru dari Consumer Intelligence Research Patners (CIRP).Hasil ini mengundang kontroversi karena beberapa laporan menyebutkan pemasok utama Apple menghadapi permintaan yang lesu pada iPhone XS, XS Max dan XR yang mendorong Apple tidak mempublikasikan lagi penjualan ponselnya.

Laporan dari Consumer Intelligence Research Patners menyatakan 16% pembeli iPhone merupakan pengguna android yang hijrah. Mereka melakukan pembelian 30 hari setelah peluncuran iPhone X Series terbaru. 

Setelah iPhone 8 dan 8 Plus dirilis pada September 2017, pembeli iPhone yang berasal dari pengguna ponsel Android naik 12%, dan ketika iPhone X dirilis pada November 2017, jumlahnya naik 11%.


iPhone X Series Bikin Pengguna Android Hijrah ke AppleFoto: Arie Pratama

"Tampaknya iPhone XR berfungsi untuk menarik pengguna Android saat ini," kata Mike Levin, pendiri dan mitra CIRP, dalam sebuah pernyataan dalam siaran pers. "Tentu saja, Apple tidak hanya menyatakan dengan jelas strategi peluncurannya. Tetapi, berdasarkan harga dan fitur, kita dapat menyimpulkan bahwa Apple memposisikan iPhone XR untuk menarik pengalih sistem operasi potensial dari Android."

Laporan CIRP menemukan bahwa hampir sepertiga pembeli iPhone di AS beralih ke model baru termurahnya, XR, yang dijual dengan harga mulai dari US$ 749 per unitnya (sekitar Rp 11 juta). Dalam 30 hari setelah diluncurkan pada Oktober 2018, CIRP menemukan bahwa penjualan XR mencapai 32% dari total penjualan iPhone di AS.

Selama periode 30 hari yang sama setelah rilis XR, penjualan untuk iPhone XS dan XS Max tercatat sebesar 35% dari keseluruhan penjualan iPhone AS.

Dalam sebuah wawancara dengan CNET bulan lalu, melansir CNBC International, wakil presiden pemasaran produk Apple, Greg Joswiak, mengatakan iPhone XR telah "menjadi iPhone kami yang paling populer setiap hari sejak dirilis."

Penjualan iPhone XR mengalahkan penjualan model-model sebelumnya di bulan pertama mereka di pasar, kata CIRP. Namun CIRP mengakui bahwa lembaga itu tidak dapat membuat perbandingan yang tepat sejak Apple meluncurkan model yang lebih murah tahun ini, dan Apple beralih dari strategi peluncuran sebelumnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading