Internasional

Tahun 2019, Foxconn Rakit Apple iPhone X Cs di India

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
27 December 2018 17:46
Tahun 2019, Foxconn Rakit Apple iPhone X Cs di India
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc akan merakit iPhone kelas atas di India melalui unit lokal Foxconn mulai awal 2019. Ini pertama kalinya pabrik pemegang kontrak produksi Apple asal Taiwan ini membuat iPhone mahal di India.

Foxconn akan merakit iphone model paling mahal, seperti keluarga iPhone X, ujar sumber Reuters. Perakitan itu akan dilakukan di pabrik Foxconn di kota Sriperumbudur di negara bagian selatan Tamil Nadu.
 
Foxconn, yang sudah pernah membuat telepon bagi Xiaomi Corp, akan menginvestasikan 25 miliar rupee India (US$ 356 juta) untuk memperluas pabrik, termasuk investasi dalam produksi iPhone, Menteri Industri Tamil Nadu M C Sampath mengatakan kepada Reuters, dilansir Kamis (27/12/18).
 
Investasi tersebut menciptakan 25.000 lapangan pekerjaan. Surat kabar Hindu yang pertama kali melaporkan bahwa pabrik Foxconn akan mulai memproduksi berbagai model iPhone di India, pada 24 Desember 2018. Reuters pertama kali melaporkan soal investasi dan jenis ponsel yang akan dirakit Foxconn India.
 
Ponsel kelas bawah
 
Sampai sekarang, Apple hanya merakit model SE dan 6S di India melalui unit lokal Wistron Corp di pusat teknologi Bengaluru. Kedua ponsel ini termasuk iPhone berharga murah.
 
Penjualannya di India juga difokuskan pada ponsel kelas bawah, lebih dari setengah volume penjualan didorong oleh model yang lebih tua dari iPhone 8, yang diluncurkan tahun lalu, menurut perusahaan riset teknologi Counterpoint.
 
Apple meluncurkan iPhone X yang mahal tahun lalu, tetapi telah memangkas produksi telepon cerdas itu, sejak mulai menjual versi yang lebih baru, iPhone XS dan XR, secara global tahun ini.
 
Tahun 2019, Foxconn Rakit Apple iPhone X Cs di IndiaFoto: Infografis/Harga iPhone Terbaru/Arie Pratama

Namun, Foxconn berpotensi membuat versi iPhone X lama di India, di mana ia menjual model tersebut dengan harga yang lebih murah untuk bisa memperbesar pangsa pasar. India merupakan pasar telepon selulaer yang paling cepat berkembang di India.

Rincian lengkap kesepakatan Apple dengan Foxconn belum jelas dan dapat berubah. Tidak diketahui apakah ada perakitan iPhone yang dipindahkan dari pabrik Foxconn yang ada di China dan di tempat lain. Juru bicara Apple, Trudy Muller menolak berkomentar untuk hal ini.
 
Foxconn mengatakan, tidak akan mengomentari hal-hal yang terkait dengan investasi dan produk yang mereka rakit.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading