Internasional

Donald Trump Segera Pecat Bos The Fed?

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 December 2018 13:09
Trump pertimbangkan pecat Bos The Fed.
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketidaksukaan Presiden Donald Trump terhadap kebijakan Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell ternyata bukan isapan jempol belaka.

Bloomberg News memberitakan Presiden Donald Trump telah membahas pemecatan Jerome Powell. Trump frustasi karena pekan ini bank sentral memutuskan menaikkan suku bunga acuan yang menggoncang pasar saham, ujar beberapa sumber pada Jumat (21/12/2018).

Namun penasihat terdekat Trump tidak yakin presiden akan melakukan pemecatan Gubernur the Fed dan berharap kemarahan presiden akan mereda setelah liburan, Bloomberg News memberitakan.


Upaya Trump untuk mendongkek Jerome Powell dari jabatannya akan bisa menimbulkan gejolak di pasar keuangan, merusak kepercayaan investor akan independensi bank sentral.

Juru bicara Gedung Putih menolak berkomentar, seperti yang dilakukan juru bicara Fed Michelle Smith.

Tidak jelas berapa besar otoritas hukum yang dimiliki presiden untuk memecat Powell. Undang-Undang Federal Reserve memang mengatakan bahwa para gubernur dapat "diberhentikan karena alasan Presiden."

Dalam beberapa hari terakhir rasa frustasi Donald Trump kepada Jerome Powell sangat meningkat, kata dua sumber Bloomberg News. Trump memang terus mengkritik Jerome Powell karena stance kebijakan hawkish yang mengerem pertumbuhan ekonomi AS dan berdampak pada bergejolaknya pasar keuangan.

Dalam sepekan ini Wall Street memang berdarah-darah. Indeks S&P anjlok 7,1%, koreksi Nasdaq Composite bahkan menjadi yang terburuk sejak era Great Depression.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya

Suku Bunga Turun Dikit, Trump Ngamuk! Nyinyirin Fed Gagal


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading