Internasional

Apple Watch Baru Punya Fitur Pendeteksi Ritme Jantung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 September 2018 07:03
Apple Watch Baru Punya Fitur Pendeteksi Ritme Jantung
Jakarta, CNBC Indonesia - Selain meluncurkan iPhone model terbaru, Apple juga meluncurkan jam tangan cerdas model terbaru bernama Apple Watch Series 4.

Apple Watch baru ini hadir dengan layar yang lebih besar, memberikan perubahan besar dari versi sebelumnya, sementara perangkat itu sendiri menjadi lebih tipis.

Salah satu fokus dari Apple Watch ini adalah pada kemampuannya untuk memainkan peran sebagai perangkat medis. Apple Watch baru dilengkapi dengan sensor kesehatan baru yang memungkinkan Anda memiliki elektrokardiogram (ECG), yang mengukur ritme jantung dan memberi tahu Anda jika mendeteksi adanya fibrilasi atrium.


Apple Watch juga mendeteksi bila pengguna jatuh dan secara otomatis memulai panggilan darurat juga.

"Apple Watch telah menjadi wakil yang cerdas untuk kesehatan Anda," kata Apple COO Jeff Williams.

Apple juga mengumumkan bahwa mereka telah menerima izin dari Administrasi Makanan dan Obat AS untuk digunakan sebagai alat medis. Yang diikuti oleh pengumuman oleh FDA bahwa mereka telah bekerja sama dengan perusahaan pada aplikasi.

"Konsumen sekarang diberdayakan untuk mengambil lebih banyak kendali atas informasi kesehatan mereka sendiri untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang perawatan medis dan hidup sehat mereka," kata Komisaris FDA Scott Gottlieb dalam sebuah pernyataan.

Mantan insinyur Google Vic Gundotra, yang sekarang menjalankan usaha pelacakan jantung bernama Alivecor, mengatakan fitur kesehatan baru dapat membantu Apple mencapai demografi pasar baru, termasuk yang saat ini menggunakan smartwatch berbasis Android.

"Apple memberi setiap pengguna Android alasan untuk menyelamatkan hidup mereka dengan beralih ke iPhone," kata Gundotra kepada CNBC.

Apple Watch Series 4 berharga mulai dari US$399 dan sudah mulai bisa dipesan pada Jumat ini. Apple juga menurunkan harga Apple Watch Series 3 ke US$279.

Apple adalah pemimpin pasar dalam industri smartwatch dengan pangsa pasa 17% pasar pada kuartal II-2018, menurut IDC. Total pengirimannya 4,7 juta unit, naik 38 persen dari periode tahun lalu. Appe Watch setengah juta unit lebih banyak terjual daripada Xiaomi dan lebih dari dua kali lipat total yang dijual oleh Fitbit.





(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading