Apple Watch Kini Bisa Dipakai Pengguna Non iPhone

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 September 2020 11:07
Apple Watch Series 6. Dok: Business Wire

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple melakukan gebrakan baru dengan menjual Apple Watch kepada pengguna yang tak memiliki iPhone. Ini sebagai cara melebarkan ekosistem.

Apple Watch diluncurkan 2015 dan sejak itu telah menjadi aksesoris iPhone. Untuk dapat mengoperasikannya, Apple Watch terdahulu dipasangkan (paired) dengan iPhone via bluetooth.

Kini mereka yang tidak menggunakan iPhone bisa memakai Apple Watch. Ini berkat fitur Family Setup. Melalui fitur ini anak muda dan orang tua yang tak memiliki iPhone bisa menelepon, mengirim pesan dan membagikan GPS lokasi dengan anggota keluarga mereka.


Untuk menjalankan ini diperlukan administrator yang memiliki iPhone. Setelah dilakukan pengaturan Apple Watch akan memiliki nomor ponsel sendiri dan dapat mengirim serta menerima SMS dan telepon tanpa iPhone terhubung.

COO Apple Jeff Williams menjelaskan fitur tersebut sebagai cara untuk "membuat Apple Watch tersedia untuk lebih banyak orang". Namun Family Setup juga memberi pembeli baru perangkat Apple pertama yang lebih murah agar mereka terhubung ke ekosistem Apple.

Fitur Family Setup memerlukan Apple Watch Series 4 ke atas terhubung ke internet melalui jaringan seluler nirkabel. Smart watch paling murah yang menawarkan fitur ini adalah Apple Watch SE, seharga US$ 329 atau setara Rp 4,9 juta.

Operator telekomunikasi T-Mobile, AT&T, dan Verizon akan mendukung fitur ini di Amerika Serikat dan saat ini memerlukan biaya bulanan tambahan, biasanya US$ 9,99 untuk mengaktifkan Apple Watch LTE. Setelah diaktifkan, pengguna Apple Watch akan mendapatkan nomor telepon dan akun Apple mereka sendiri.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading