Fintech

Ada Alipay dan WeChat Pay, Kartu Kredit Jadi Tidak Populer

Tech - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
11 August 2018 18:53
Ada Alipay dan WeChat Pay, Kartu Kredit Jadi Tidak Populer
Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem pembayaran menggunakan kartu kredit terus tergerus di China. Bukan hanya karena ada fenomena baru, yakni Alipay dan WeChat Pay, namun juga karena perkembangannya yang terlambat di China.
 
Mengutip Quora.com, sekitar akhir tahun 1990 hingga 2012-2013, kartu kredit mulai berkembang di China, namun perkembangannya bisa dikatakan terlambat dibandingkan negara lain. Bahkan dalam lima tahun terakhir, perkembangannya hanya terbatas pada niche market dan tidak berkembang lebih lanjut.
 
Kemudian muncul sistem pembayaran baru menggunakan smartphone. Melihat hal ini, para pebisnis baru mulai mengkalkulasi biayanya. Pasalnya, sebuah merchant yang bisa menerima kartu kredit membutuhkan investasi yang banyak mulai dari terminal proses dan juga jaringan komunikasi. Meski, sebagai balasannya, merchant bisa mengenakan biaya 2-3% setiap kali transaksi.
 

Begitu juga dari sisi konsumer, kartu kredit hanya bisa di tempat-tempat yang bisa menerimanya. Apabila tidak ada merchant yang menerimanya, maka kartu kredit hanya menjadi sebuah beban yang menumpuk di dompetmu.

Sedikitnya merchant yang menerima kartu kredit, maka hanya sedikit permintaan dari konsumer untuk bisa menggunakan kartu kredit.

Apalagi, mengutip TechinAsia, sistem pembayaran China juga didominasi oleh sistem pembayaran berbasis server, yakni Alipay dan WeChat Pay. Sistem pembayaran ini tidak membutuhkan alat pembaca dan banyak pebisnis lebih memilih untuk melakukan scan barcode sebagai opsi untuk menerima uang.
 
Dengan Alipay dan WeChat, banyak pebisnis skala kecil yang tidak memiliki dana, infrastruktur ataupun teknisi untuk mengelola card reader masih bisa menerima pembayaran, selama pemilik toko memiliki smartphone.


Bisnis skala kecil ini bahkan berada di supermarket-supermarket kecil di bawah apartemenmu, gerobak makanan di jalan dan bahkan pengemis di sudut jalan.

Kemudian, pemilik smartphone juga bisa meningkatkan efisiensi biaya. Pasalnya, biaya mobile data cenderung murah dan wifi umum tersedia dimana-mana. Dengan kata lain, sistem pembayaran mobile di China mengadopsi sistem yang efisien dengan jangkauan yang luas.

(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading