Startup

12 Aksi Pengumpulan Dana Grab yang Hasilkan Rp 55,99 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 June 2018 12:59
12 Aksi Pengumpulan Dana Grab yang Hasilkan Rp 55,99 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan taksi online, Grab Taxi baru saja merampungkan penggalangan dana putaran terakhir. Dari aksi korporasi ini Grab ternyata berhasil menghimpun dana sebesar US$10 miliar atau setara Rp 139 triliun.

Dari aksi korporasi ini, Toyota Motor memperbesar investasinya di Grab dengan memberikan tambahan dana US$1 miliar. Selain mendapatkan saham, Toyota berhak menempatkan orangnya di jajaran direksi dan pejabat eksekutif Grab.

Perusahaan digital asal Singapura ini termasuk startup yang cukup aktif melakukan penggangan dana. Menurut Crunchbase, Grab sudah 12 kali melakukan penggalangan dana untuk membiayai bisnis. Ini belum termasuk penggalangan dana terakhir yang dilakukan.


Dari 12 kali penggalangan dana tersebut, Grab berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$4,1 miliar(Rp 55,99 triliun). Ada dua penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan dana dalam jumlah besar. Yakni, penggalangan dana Corporate Round yang berhasil mengumpulkan dana US$1 miliar dari Toyota Motor Corporation.

Selanjutnya, penggalangan dana Seri G yang diumumkan 24 Juli 2017. Dari aksi korporasi ini Grab berhasil kumpulan dana US$ 2 miliar dari Softbank, Toyota Motor corporation dan Didi Chuxing.

Saat ini ada lebih dari 21 investor Grab. Diantaranya, Toyota Motor Corporation, Softbank, Didi Chuxing, Emtek Grup, China Investment Corporation, 500 Startups, GGV Capital, Vertex Ventures US, Tiger Global Management, Hillhouse Capital Grup dan Alrai Capital.

Menurut TechCrunch, pada awal tahun ini Grab memiliki valuasi sebesar US$4 miliar. Setelah kesepakatan akuisisi Uber Asia Tenggara valuasinya bertambah lebih dari US$4 Miliar jadi di atas US$ 10 miliar.

Grab didirikan oleh oleh Anthony tan dan Tan Hooi Ling pada 2012. Grab mengklaim telah beroperasi 168 kota di delapan negara.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading