Startup

Ternyata Grab Dapat Suntikan Dana Total Rp 139 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 June 2018 11:07
Ternyata Grab Dapat Suntikan Dana Total Rp 139 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Motor baru saja mengumumkan investasi sebesar US$1 miliar di Grab. Namun, jumlah dana yang didapatkan Grab jauh lebih besar lagi.

Dalam putaran penggalangan dana terbaru, Grab ternyata berhasil mengumpulkan dana mencapai US$10 miliar atau setara Rp 139 Triliun (asumsi US$1 = Rp 13.900). Hal ini diungkapkan sumber yang dekat dengan perusahaan, seperti dilansir TechCrunch, Rabu (13/6/2018).

Pada Putaran baru ini, Softbank dan Didi Chuxing menyuntikkan dana sebesar US$2,5 miliar. Investor eksisting ini juga telah menyuntik Grab sebesar US$2 miliar pada tahun lalu.


Pada awal tahun ini valuasi Grab mencapai US$6 miliar tetapi setelah kesepakatan akuisisi unit bisnis Uber Asia Tenggara, valuasi meningkat lebih dari US$4 miliar.

manajemn Grab mengklaim ada lebih dari 100 juta yang mengunduh aplikasinya di delapan negara di Asia, termasuk Singapura, Indonesia, Vietnam, Thailand dan banyak lagi.

Perusahaan itu mengatakan tingkat pendapatan tahunannya kini telah melampaui $ 1 miliar, meskipun menolak memberikan angka laba atau rugi.

Meskipun berhasil menyingkirkan Uber dari Asia Tenggara, Grab masih harus bersaing dengan Go-Jek untuk merebut pasar Asia Tenggara. Go-Jek memiliki valuasi US$4,5 miliar dan baru-baru ini mengumumkan rencana memperluas bisnis ke empat pasar baru setelah berhasil mengumpulkan dana US$1,5 miliar.

Awal bulan ini Grab secara resmi meluncurkan Grab Ventures, sebuah unit yang difokuskan untuk membantu membangun ekosistem melalui investasi dan pendampingan.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading