Perkembangan Teknologi

Ada 5G, Cisco: Semua Perangkat Elektronik Mungkin Terhubung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 April 2018 12:37
Ada 5G, Cisco: Semua Perangkat Elektronik Mungkin Terhubung
Jakarta, CNBC Indonesia - Cisco System Inc menyatakan sedang mengembangkan infrastruktur telekomunikasi generasi berikutnya: 5G. Hal ini merupakan jawaban dari Presiden Cisco System Asia-Pasifik dan Jepang Miyuki Suzuki menjawab pertanyaan tentang apa yang akan dilakukan Cisco dalam dua dekade mendatang.

"Jika Anda menghubungkan semuanya, segala sesuatu akan menjadi mungkin," ujar Miyuki Suzuki dalam acara Squawk Box di CNBC International, Selasa (17/4/2018).

5G merupakan generasi kelima dari standar teknologi nirkabel yang berpotensi 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Teknologi 5G diciptakan untuk mendukung bisnis seperti augmented reality dan virtual reality.


"Jenis layanan, pengalaman yang dapat diberikan akan luar biasa," lanjut Miyaki Suzuki.

Pada 2020-2021 akan ada 50 miliar perangkat yang diharapkan terhubung ke internet. Perangkat ini rentan terhadap peretasan.

"Tantangan terbesar bagi perusahaan seperti kami dan pengguna bagaimana memberikan perlindungan keamanan siber yang kuat dan menjaga integritas dan privasi data," tambah Suzuki.

Peluncuran standar nirkabel baru akan menjadi proses multi-tahun, kata Suzuki, jaringan 5G kemungkinan akan mulai menjadi realitas komersial "dalam beberapa tahun."

Sebagai akibatnya, Suzuki menambahkan, beberapa perusahaan akan segera memiliki peluang untuk menjual solusi "Internet of Things", model bisnis baru, data dan otomatisasi proses dalam skala "tidak pernah terlihat sebelumnya." (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading