Perkembangan Teknologi

Ini Spesifikasi Ponsel yang Bisa Nikmati Teknologi 5G di RI

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 April 2018 18:48
Uji coba 5G akan dicobakan pada area Asean Games di Jakarta, Telkomsel akan membangun infrastrukturnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar mengenai kehadiran jaringan internet broadband 5G sudah bukan rahasia umum lagi. Ya, teknologi itu akan menjadi jaringan internet tercepat di dunia. 

Ketika jaringan 5G telah heboh di Indonesia, ternyata salah satu pesta olahraga bergengsi Asian Games 2018 akan di menguji coba layanan itu untuk masyarakat. Nantinya jaringan 5G akan tersedia di Jakarta dan Palembang.

Untuk menikmati uji coba ini saat Asian Games akan dimulai pada kota Jakarta terlebih dahulu. Jaringan 5G akan didukung oleh operator Telkomsel.


"Jadi untuk masyarakat bisa coba-coba menggunakan jaringan 5G di area Asian Games tapi di Jakarta dulu. Tapi untuk detailnya nanti tanya  teman-teman Telkomsel karena mereka sekarang yang sedang bangun," ujar Ismail TM  Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam acara Peluncuran Perangkat Lunak 5G Ericcson di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, (17/4/2018).

Dia menuturkan bahwa nantinya jaringan yang ditawarkan akan berbentuk aplikasi. Masyarakat bisa dengan mudah mengakses segala layanan lebih cepat dan menawarkan peningkatan kecepatan mengunggah (download) dan menekan biaya hingga 10 kali lebih rendah dibanding jaringan 4G saat ini.

Hanya saja untuk menikmati peningkatan kecepatan akses internet ini, konsumen harus memiliki perangkat yang sudah mendukung jaringan 5G. Meski masih dalam jumlah yang terbatas, namun ponsel yang mendukung jaringan 5G ini sudah bisa ditemukan dipasaran. 

Ponsel yang bisa menikmati jaringan 5G dapat dilihat dari spesifikasi jaringan yang dimiliki, seperti LTE Cat 6 ke atas dan IOS / Android yang memiliki kecepatan mencapai 450/50 Mbps.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading