Wah Ada Wakaf Saham di BEI, Gimana Caranya?

Syariah - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
21 January 2020 11:19
Wah Ada Wakaf Saham di BEI, Gimana Caranya?

Jakarta, CNBC Indonesia - PT MNC Sekuritas memperluas pendalaman pasar keuangan syariah dengan melalui penerbitan wakaf saham. Penerbitan instrumen ini bekerjasama dengan pengelola dana Rumah Zakat.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menjelaskan, perkembangan pasar modal syariah di Indonesia terus bertumbuh. Hal ini, kata Susy, terlihat dari meningkatnya jumlah investor syariah.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) per Desember 2019 mencatat, jumlah investor saham syariah meningkat 54 % dari sebelumnya 44.536 investor di akhir 2018 menjadi 68.599 investor. Jumlah tersebut mewakili 6,2% dari jumlah investor ritel BEI.



Susy menambahkan, dengan bekerjasama dengan Rumah Zakat, perseroan bakal meningkatkan kapasitas perdagangan syariah di BEI.

"Target pasti sebanyak banyaknya, tapi tahun lalu pertumbuhannya 78 persen. Jadi kami confidence kerja sama ini bisa lebih meningkatkan kapasitas perdagangan syariah di pasar modal Indonesia," ungkap Susy di BEI, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Dalam kesempatan yang sama, CEO Rumah Zakat, Nur Effendi menuturkan, investor di pasar modal bisa mewakafkan saham ke Rumah Zakat melalui MNC Sekuritas. Dana ini nantinya akan dikelola, dan investor akan mendapatkan keuntungan melalui dividen yang dibagikan.


"Ini wakaf produktif, masuk dalam kategori aset bergerak, wakif [orang yang memberikan wakaf] bisa wakafkan sahamnya dan pokoknya tetap, yang kemudian diambil manfaatnya adalah dividennya," tutur Nur.

Mengacu situs rumahwakaf.org, wakaf saham adalah salah satu jenis wakaf produktif dan termasuk ke dalam wakaf benda bergerak.

Mekanisme wakaf saham serupa dengan mewakafkan harta lainnya, namun harta yang diwakafkan berbentuk saham. Wakif bisa mewakafkan seluruh harta namun tetap mempertahankan pokoknya sebagai bagian dari wakaf. Pemanfaatan saham akan disesuaikan dengan akad wakaf.



[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading