OJK: Pasar Modal Syariah Itu Cari Berkah, Bukan Hanya Cuan!

Syariah - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
21 November 2019 09:42
OJK: Pasar Modal Syariah Itu Cari Berkah, Bukan Hanya Cuan! Foto: Hoesen, Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK dalam acara Focus Group Discussion (CNBC Indonesia/Wahyu Daniel)
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan pasar modal syariah tak hanya mencari return atau imbal hasil, tapi juga mencari keberkahan dalam berinvestasi sehingga berbeda dengan pasar modal konvensional.

"Di pasar modal syariah, kita juga mencari berkah. Kalau bapak hanya mengejar return maka bapak ibu akan kembali ke pasar modal konvensional. Karena itu tidak semata-mata mengejar yield," tegas Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, saat membuka Syariah Investment Week 2019 di Bursa Efek Indonesia, Kamis (21/11/2019).

"Ciri-ciri investor dunia adalah greedy. Semua pelanggaran yang terjadi di dunia, tidak hanya di Indonesia, adalah kerakusan," tegas mantan Direktur Danareksa ini.



Sebab itu, menurut Hoesen, yang harus dilakukan adalah melawan dan menjaga diri sendiri dalam berinvestasi di pasar modal. "Orang tidak boleh rakus. Tidak boleh mengejar return setinggi-tingginya," tegasnya lagi.

"Akan tergelincir dengan sendirinya karen hanya mengejar rente," kata Hoesen dalam pidatonya.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pasar modal syariah di Indonesia saat ini bertumbuh signifikan dan bahkan dianggap paling inovatif dan satu-satunya di dunia yang memiliki produk terlengkap yang mengintegrasikan investasi syariah di pasar modal dan filantropi Islam.

Pasar modal syariah Indonesia menurut BEI, juga dianggap sangat mendukung pengembangan green investment, yang sejak tahun 2018 telah konsisten menerbitkan green sukuk dan BEI menjadi anggota Suistanable Stock Exchanges (SSE) Initiative.

Selain itu, pasar modal Syariah Indonesia merupakan satu-satunya pasar modal di dunia yang mempunyai fatwa khusus tentang transaksi saham syariah di bursa efek, yaitu Fatwa DSN MUI Nomor 80 Tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.

Fatwa khusus lainnya tentang penyelesaian dan penyimpanan efek yaitu fatwa DSN MUI Nomor 124 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Pelaksanaan Layanan Jasa Penyimpanan dan Penyelesaian Transaksi Efek Serta Pengelolaan Infrastruktur Investasi Terpadu.
(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading