Tak Cuma Migor, Harga Ayam, Cabai Hingga Detergen Terus Naik!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 April 2022 11:10
Kesibukan aktivitas pembeli dan pedagang di Pasar Tradisional Kranji, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 2/4. Jelang memasuki Ramadhan pada esok hari harga sayuran mengalami kenaikan. (Cnbc Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di bulan Ramadan ini, berbagai harga bahan pokok kembali mengalami kenaikan. Kenaikan ini tercermin dari pemantauan harga yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu I April 2022, perkembangan inflasi sampai dengan minggu pertama April 2022 diperkirakan sebesar 0,68% (mtm). Secara tahun kalender sebesar 1,89% (ytd), dan secara tahunan sebesar 3,20% (yoy)," ujar BI dalam keterangan resminya yang dikutip, Senin (11/4/2022).


Adapun komoditas yang mengalami kenaikan harga dan menyumbang inflasi adalah minyak goreng, daging ayam ras, daging sapi, cabai merah dan telur ayam ras. Lalu ada bawang putih, tempe, jeruk, bayam, kangkung, ayam goreng.

Kemudian ada juga kenaikan harga bensin, sabun detergen bubuk/cair, bahan bakar rumah tangga, dan rokok kretek filter.

Meski demikian, ada juga beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga di minggu pertama bulan ini. Misalnya tomat dan juga harga tiket angkutan udara yang menyumbang deflasi.

Bank Indonesia menyebutkan akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk tetap menjaga stok pangan sehingga harga tidak bergerak bebas.

"BI juga akan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! Harga Cabai, Minyak Goreng Sampai Telur Ayam Melambung


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading