Gegara MotoGP Harga Rumah Ratusan Juta Nyaris Tembus Rp1 M

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
23 March 2022 12:50
Antusiasme MotoGP Mandalika, Warga Lokal Nonton dari Atas Bukit(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaksanaan event internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat berpengaruh terhadap harga properti di wilayah tersebut. Kini, banyak rumah tapak yang mengalami kenaikan harga akibat melonjaknya harga tanah.

Anggota Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) di NTB Arebi Bohari Rahman mengungkapkan bahwa kenaikan harga itu terbilang cukup besar. Namun, itu bergantung pada ukuran hunian dan lokasinya.

"Rumah komersil yang tadinya harga rumah Rp300 juta sekarang jadi Rp350 juta untuk rumah menengah, ukuran luas bangunan 40 m2 dan luas tanah 90-100 m2. Sementara yang luas bangunan 100 m2 itu dari harga Rp800 menjadi sekitar 900 jutaan (hampir Rp1 miliar)," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (23/3/22).


Terlihat kenaikannya berkisar antara 10-15%. Harga rumah dengan kenaikan tertinggi umumnya berada di lokasi strategis, misalnya di pusat perkotaan, misalnya yang terjadi di Ibu Kota NTB, Mataram. Sementara itu hunian di sekitaran Mandalika, tempat berlangsungnya Moto GP justru tidak begitu terpengaruh.

"Geliat untuk hunian komersil lebih ramai di Mataram karena masyarakatnya heterogen, urbanisasi, jadi lebih minat di NTB ini Mataram yang jadi favorit mereka untuk hunian dan Lombok Barat. Dibanding Mandalika iya untuk hunian, karena dari sisi keamanan, kenyamanan. Justru banyak yang kerja di Mandalika resort mereka tinggalnya di Mataram," jelas Hari.

Sebaliknya, harga properti yang naik dari kawasan Mandalika ialah tanah. Berbeda dengan Mataram yang lebih banyak dihuni, kawasan Mandalika lebih didominasi lahan tanah. Sementara hunian rumah yang ditransaksikan lebih banyak berasal dari segmen rumah seken.

"Saat ini nggak begitu signifikan dari sisi primary, lebih banyak secondary karena nggak begitu banyak projek baru. itu pun masih standar, yang saya lihat justru signifikan itu tanah kosong, untuk projek lah ya," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Masih Ada Rumah Murah di DKI di Bawah Rp500 Jutaan


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading