MotoGP Effect! Orang Ramai-Ramai Berburu Rumah di Mandalika

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 March 2022 11:35
foto : detik.com/Danu Damarjati

Jakarta, CNBC Indonesia - MotoGP Mandalika 2022 telah berlangsung pada 18-20 Maret 2022 kemarin. Efek domino gelaran itu bukan hanya berdampak dalam arena balapan, melainkan juga di luar kawasan, salah satunya kenaikan minat penjualan properti hunian di Mandalika dan Lombok.

"Yang diminati sementara ini rumah sederhana dan menengah, ada yang untuk dihuni maupun dijadikan investasi, baik dijual maupun disewakan lagi," kata Ketua Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida kepada CNBC Indonesia, Senin (21/3/22).

Kondisi ini berbeda dibanding beberapa tahun lalu dimana minat untuk memiliki properti di wilayah NTB rendah. Sedangkan, ketika gelaran berskala internasional datang dan pergerakan ekonomi menjadi lebih hidup, investasi pun mulai berani masuk. Namun, Ia belum mengetahui data pasti berapa besar kenaikannya.


Totok pun mengingatkan bahwa perlu ada kepastian dari penyelenggaraan berbagai acara ke depannya. Jika tidak, maka bisa jadi investor menjadi ragu untuk menanamkan investasinya di wilayah tersebut.

"Investasi butuh kepastian, ini 2x acara sukses (WSBK dan MotoGP) meski memang kurang ditunjang infrastruktur yang ada. Tapi ini peluang investasi, misal kalau nggak ada penginapan atau fasilitas, orang jadi bingung kalau mau ke Lombok," sebutnya.

Karenanya, perlu ada kepastian jadwal penyelenggaraan acara beberapa waktu ke depan. Alhasil pelaku usaha pun bisa mengukur berapa besar investasi yang bakal keluar.

"Perlu ada jadwal pasti bagi acara di Mandalika, misal dalam 3-5 tahun ke depan, jadi orang akan lebih berani berinvestasi di segala sektor properti," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pun mengatakan MotoGP Mandalika 2022 masih ada yang perlu dievaluasi. Artinya, Kepala negara memberi sinyal bahwa ajang olahraga motor ini masih berlangsung tahun-tahun ke depan.

"Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang," kata Jokowi usai balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Balap, Okupansi Hotel di Mandalika 'Meledak' Sampai 90%


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading