Efek MotoGP Peminat Rumah di Lombok Membeludak, Cek Harganya!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 March 2022 17:30
Petugas berbincang dengan warga berlatar belakang Sarana Hunian Pariwisata atau Sarhunta di Kampung Homestay di Dusun Bangan, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/11/2021). Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara I (BPPNT I) meningkatkan kualitas 300 rumah tak layak huni menjadi Sarana Hunian Pariwisata atau Sarhunta. Balai Perumahan, Kasi Wilayah 2 Nusa Tenggara Barat Dudi Mustofa, mengatakan kegiatan peningkatan kualitas hunian dimulai dari tahun 2020, tepatnya perencanaan di bulan Mei dan pelaksanaan fisik kegiatannya tanggal 17 Agustus 2020 sampai dengan 31 Desember 2020. Berada di Kawasan Mandalika ada 300 rumah dan di kawasan Gili Air ada 98 rumah,

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga rumah di wilayah Mandalika, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya terus melonjak akibat gelaran MotoGP Mandalika 2022. Berdasarkan Market in Minutes Savills Research, harga tanah saat ini pun sudah merangkak hingga 10 kali lipat dibanding beberapa tahun lalu.

Meski demikian, nyatanya masih ada rumah dengan harga Rp 100 jutaan, yakni rumah subsidi di sekitaran Mandalika, NTB. Pengembang mengakui tidak bisa menaikkan harga rumah di segmen ini karena sudah ada ketentuan dari pemerintah. Hingga kini, harga maksimal rumah subsidi di Nusa Tenggara sebesar Rp 168 juta, yakni berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 242/KPTS/M/2020.

"Yang pasti peminat naik, yang banyak mayoritas rumah subsidi. Nggak bisa naik harga, tapi peminatnya makin banyak," kata Ketua Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida kepada CNBC Indonesia, Senin (21/3/22). 


Tersedia banyak perumahan subsidi di Nusa Tenggara Barat (NTB), berikut daftarnya:

Araya Village:

Araya Village adalah produk perumahan dari PT Naraya Lombok Properti yang merupakan anggota Real Estate Indonesia (REI). Lokasi rumah ini berada di Jonggat, Labulia, Kab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari Sistem Kumpulan Pengembang Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (SiKumbang PPDPP), harga rumah subsidi ini sebesar Rp 168 juta.

Sementara itu luas Bangunannya 27 m2, Luas Lahan 75 m2, terdiri dari 2 kamar Tidur serta 1 Kamar Mandi. Adapun spesifikasi teknis atap terbuat dari genteng gypsum, dinding dari dinding bata, lantai & pondasi dari lantai kramik & pondasi batu kali.

Roemah Mandalika

Roemah Mandalika berlokasi di Batunyala, Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari hi-project, rumah ini berada dekat Bandara Internasional Lombok.

Harganya adalah 168 juta untuk tipe 30/90. Pengembang menulis hanya tersisa 20 unit lagi.

Pratama Bukit Melati

Pratama Bukit Melati berlokasi di Janapria, Kab Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Pengembangnya adalah PT. Cahaya Melati Mandiri yang merupakan anggota dari Aliansi Pengembang Perumahan Nasional Jaya (APPERNAS JAYA)

Total rumah subsidi di perumahan ini ada 64 unit dengan harga Rp 168 juta. Luas Bangunannya sebesar 30 m2, Luas Lahan: 80 m2, 2 Kamar Tidur serta 1 Kamar Mandi.

Spesifikasi Teknis dari rumah ini adalah atap dari Rangka baja ringan atap genteng melamin, Dinding dari Bata merah, plester acian finsihing cat serta Lantai & Pondasi terdiri dari finishing keramik 40 x 40 & Batu pecah plester.

Pesona Gerunung Asri Praya

Perumahan ini berada di Bunut Baok, Praya Lombok tengah. Dilansir dari Lamudi, rumah yang ditawarkan memiliki luas bangunan 24m2 dan luas tanah 100 m2. Harganya sebesar Rp. 141,8 juta.

"Keterangan : Perumahan Pesona Gerunung Asri Praya Lombok tengah. Terdiri dari 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Lokasi strategis, terletak sekitar 5 menit dari kota Praya, dekat dengan fasilitas sekolah, pesantren dan rumah sakit, bebas banjir. Sistem pembayaran dengan cash, cash bertahap dan KPR," tulis penjual.

Green Harmoni 2

Green Harmoni 2 berada di Renteng, Praya Kab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Perumahan ini merupakan produk dari PT. Dirgantara Cahaya Lombok yang merupakan anggota Real Estate Indonesia (REI).

Dilansir dari SiKumbang PPDPP, harga rumah ini sebesar Rp 168 juta dengan luas bangunan 30 m2, luas lahan 80 m2, 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi.

Spesifikasi teknisnya terdiri dari atap berbahan genteng metal, dinding dari bata merah serta lantai & pondasi dari keramik & batu kali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Pemerintah Tarik Pajak, Harga Rumah 2022 Bisa 'Terbang'


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading