Horang Kaya Ramai Obral Rumah, Benarkah Harga Sedang Anjlok?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 July 2021 12:10
Chief Finnancial Officer Sinarmas Land Alim Gunadi (kiri), Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo (kedua kiri) dan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar M. Mungkasa berbincang dengan pengunjung Mandiri Property Expo 2018 di Jakarta Convention Center, Sabtu (5/5). Pada Mandiri Property Expo 2018, Bank Mandiri mengenalkan proses cepat pengajuan KPR same day approval. Hingga 31 Maret 2018, penyaluran KPR Bank Mandiri telah mencapai Rp 40,45 triliun, tumbuh 11,11% dibandingkan Maret 2017.

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada fenomena menarik akhir-akhir ini. Rumah di bilangan elit Jakarta banyak yang dipasang status for sale. Bahkan harganya lumayan 'miring'.

Berdasarkan penelusuran market place seperti Lamudi, dengan kata kunci "Rumah Dijual Di Pondok Indah" terdapat 2.753 penawaran. Jumlah ini cukup banyak, bahkan dari masing-masing pengiklan mempromosikan harga jualnya bisa dinego sampai ada promosi 'turun harga'.

Misalnya dijual rumah Pondok Indah, penjual memberi embel-embel "TURUN HARGA DARI 21.5 M >>>19.5M DIJUAL RUMAH PONDOK INDAH JAKARTA SELATAN". Ada juga rumah di lokasi yang sama dijual Rp 37 miliar, penjual menawarkan promosi "DIJUAL RUMAH MEWAH DI BAWAH HARGA PASARAN DI PONDOK INDAH# "


Selain itu, penjual lain menawarkan rumah 'hanya' Rp 6 miliar. Penjualan memberikan embel-embel 'dijual cepat' karena sedang butuh. "Di jual Cepat Termurah di Pondok Indah Harga dekat NJOP".

Sementara itu dengan kata kunci "Dijual Rumah di Kelapa Gading" muncul 3787 pencarian. Antara lain penjual menawarkan harga Rp 2,15 miliar, dengan embel-embel sedang butuh uang. "Di Jual BU Rumah di kelapa gading Jakarta Utara", selebihnya masih banyak lainnya.
Yang tak diduga rumah dijual di Menteng cukup marak saat ini bahkan harganya bisa dinego.

Hal ini terpantau dari kata kunci "Rumah Dijual di Menteng" di laman Lamudi, mencapai 1.060 penawaran, relatif lebih sedikit dibandingkan penawaran di kawasan elit Jakarta lainnya seperti Pondok Indah sampai Kelapa Gading.

Rumah di Menteng memang beragam harganya tergantung luas tanah, kondisi bangunan dan lokasi, di Lamudi ada yang ditawarkan mulai Rp 8 miliar, sampai Rp 300 miliar lebih. Namun, ada juga harganya yang mencapai puluhan miliar rupiah, sampai seratusan miliar.

"Terakhir yang saya pegang klien, tapi ini patokan rumah tua. Karena dia luas tanah hampir 1.000 m2, dia awalnya mau lepas Rp. 45 miliar, jadi kisaran Rp. 40 miliar - Rp 45 miliar. Udah sold juga rumahnya di harga Rp. 35 miliar, mungkin udah nego. Pemilik open (penawaran) Rp 45 miliar dapat Rp 35 miliar," kata Broker C21 United Evert Niel kepada CNBC Indonesia.

Halaman Selanjutnya --> Harga Rumah Masih Naik Kok

Harga Rumah Masih Naik Kok
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading