Malaysia, Singapura, Sampai Vietnam Siaga Corona! RI Gimana?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 May 2021 15:02
Suasana uji coba pembelajaran tatap muka hari pertama di SDN Cipinang Melayu 08 pagi, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Pemerintah Provinsi DKI melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Skema yang akan diterapkan adalah pembelajaran tatap muka secara bergantian di dalam ruangan maksimum 50 persen dari kapasitas ruangan. Kepala Sudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Timur, Putoyo saat ditemui CNBC Indonesia mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) kembali trengginas di Asia. Negara-negara tetangga mulai dari Malaysia, Singapura, hingga Vietnam mengalami tren kenaikan kasus positif.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, jumlah pasien positif corona di Malaysia per 5 Mei 2021 adalah 420.632. Bertambah 3.120 orang dari hari sebelumnya.

Selama dua pekan terakhir, pasien positif rata-rata bertambah 2.940 orang setiap harinya. Lebih tinggi ketimbang rerata dua minggu sebelumnya yakni 1.867 orang per hari.


Akibatnya, pemerintah Malaysia memberlakukan pembatasan pergerakan warga (Movement Control Order/MCO) di Ibu Kota Kuala Lumpur dan Negara Bagian Selangor. Pembatasan ini akan berlaku selama dua minggu.

Demikian pula Singapura. Per 4 Mei 2021, jumlah pasien positif corona di Negeri Singa adalah 61.235 orang. Bertambah 17 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Dalam 14 hari terakhir, rata-rata kasus baru bertambah 27 orang per hari. Lebih tinggi dibandingkan rerata 14 hari sebelumnya yaitu 25 orang saban harinya.

Mulai 8 Mei 2021, pemerintah Singapura akan mengetatkan kebijakan pembatasan sosial (social restrictions). Para pendatang yang tiba di Singapura dalam tiga pekan terahir akan diperiksa kondisi medis dan riwayat perjalanannya. Mereka yang kedapatan pernah mengunjungi negara-negara berisiko wajib menjalani karantina selama 21 hari.

Kebijakan lain adalah kumpul-kumpul dibatasi maksimal lima orang. Sementara kegiatan olahraga di dalam ruangan seperti fitness akan ditutup sementara.

Kemudian di Vietnam. WHO mencatat jumlah pasien positif corona di Negeri Paman Ho per 5 April 2021 adalah 2.996 orang. Bertambah 11 orang dari hari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, tambahan pasien baru selalu dua digit.

Selama dua minggu terakhir, rata-rata tambahan pasien baru adalah 14 orang setiap harinya. Lebih tinggi dibandingkan rerata dua pekan sebelumnya yaitu 11 orang.

Halaman Selanjutnya --> Kasus Positif dan Aktif di Indonesia Turun

Kasus Positif dan Aktif di Indonesia Turun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading