Sudah Masuk RI, Ini Gejala Covid-19 India

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 May 2021 12:41
A patient receives oxygen outside a Gurdwara, a Sikh house of worship, in New Delhi, India, Saturday, April 24, 2021. India’s medical oxygen shortage has become so dire that this gurdwara began offering free breathing sessions with shared tanks to COVID-19 patients waiting for a hospital bed. They arrive in their cars, on foot or in three-wheeled taxis, desperate for a mask and tube attached to the precious oxygen tanks outside the gurdwara in a neighborhood outside New Delhi. (AP Photo/Altaf Qadri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak beberapa waktu lalu, India memang mengalami gelombang kedua Covid-19. Situasi makin memburuk karena adanya kelangkaan oksigen serta tempat tidur di rumah sakit.

Selain itu juga ada temuan mutant ganda baru yang tidak terdeteksi oleh tes Covid-19. Varian tersebut juga memiliki serangkaian gejala aneh.

Berikut gejala-gejala tersebut, dikutip dari laman Zee News, Kamis (6/5/2021).


Sakit Tenggorokan

Jika merasa tenggorokan gatal atau merasa bengkak, bisa jadi indikator sakit tenggorokan. Ini merupakan gejala paling umum yang ada pada Covid-19.

Gejala sakit tenggorokan terlihat lebih dari 52% kasus secara global.

Kelelahan

Banyak orang yang melaporkan mengalami tanda kelelahan dan lemah sesaat sebelum dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Nyeri di Bagian Tubuh

Para dokter mengungkapkan banyak individu yang positif Covid-19 mengalami nyeri di tubuh, sendi dan otot. Penyebabnya adalah mialgia, virus corona yang menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting dalam tubuh.

Demam dan Menggigil

Gejala lain yang mungkin ditemukan adalah demam dan menggigil. Jika mengalami kedinginan dan pilek yang tidak bisa bisa menjadi tanda jika Anda terinfeksi Covid-19. Demam dan menggigil juga merupakan gejala umum pada kasus virus mutasi.

Mual dan Muntah

Tahap awal infeksi Covid-19 juga ditandai pasien mengalami mual dan muntah.

Pusing

Banyak orang yang melaporkan mengalami gejala neurologis dari infeksi Covid-19, seperti pusing, malaise dan mual.

Tidak ada air liur

Tubuh akan gagal memproduksi air liur, menurut para ahli dapat memproteksi mulut dari bakteri jahat. Selain itu, orang-orang dengan gejala ini mungkin akan kesulitan mengunyah makanan atau berbicara.

Gejala lainnya

Professor Tim Spector dari fakultas epidemiologi gentik di King's College London Inggris, dalam akun Twitter menuliskan satu dari lima orang terkena Covid-19 masih bergejala kurang umum. Misalnya muncul ruam pada kulit.

"Jika Anda mengalami gejala aneh atau hanya pusing dan kelelahan tetaplah di rumah!" kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading