Kalau Investasi Kacau, Jokowi: Cari Bahlil, Jangan Saya!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 March 2021 10:01
Peresmian pembukaan rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana Tahun 2021, (3/3/2021). (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti betul pertumbuhan sektor investasi pada tahun ini. Kepala negara menganggap, investasi mampu menjadi tiang penyangga perekonomian di masa krisis.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Tahun 2021, Jokowi menegaskan kunci bagi Indonesia untuk bangkit adalah investasi.

"Mana Pak Bahlil [Kepala BKPM]? Kuncinya ada di Pak Bahlil, Kepala BKPM," kata Jokowi.


Jokowi mengaku memberikan 'tekanan' terhadap pimpinan otoritas investasi untuk mengejar target tahun ini. Menurutnya, hal tersebut adalah hal wajar mengingat dalam situasi seperti ini negara lain juga melakukan hal serupa.

"Tiap hari saya telepon, saya tanya terus bisa berapa persen tahun ini? Berapa triliun? Bisa naik? Siapa yang masuk? Sudah sampai mana? Target tercapai enggak tiap hari? Untung orangnya tenang dan semangat. Kalau enggak mungkin drop sudah," katanya.

Jokowi mengaku telah berpesan agar Kepala BKPM dapat menghubungkan para investor kelas kakap baik asing maupun domestik untuk bekerja sama, tak terkecuali para pengusaha di daerah.

"Ini sudah saya perintah. Jadi nanti nanti kalau tidak terlaksana, Bapak Ibu kejarnya ke Pak Bahlil. Jangan ke saya lagi. Ini saya tanya, ada investor masuk ke provinsi ini, kerja sama dengan siapa, saya tanya itu. Ya oke?" katanya.

"Karena ke depan saya melihat dengan hilirisasi industrialisasi kita akan menuju transformasi ekonomi yang benar, dan itu akan meloncatkan negara kita Indonesia menjadi lima besar ekonomi terkuat di dunia," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading