Menteri PDIP-Gerindra Kena KPK, Pak Jokowi Reshuffle Urgent!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 December 2020 09:52
Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri menerima CEO SoftBank Jepang Masayoshi Son, Jumat (10/1) pagi.  (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, setidaknya ada 17 politikus yang terpilih menjadi menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari belasan nama tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang merupakan partai pendukung mendapatkan jatah terbanyak yakni sebanyak lima orang.

Mereka adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati Puspayoga, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapatkan jatah masing-masing tiga menteri.

Kursi yang berasal dari Golkar diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Sementara perwakilan Nasdem, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Adapun kader PKB diisi oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, serta Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Selain itu, Partai Gerindra juga mendapatkan dua jatah kursi yang diisi oleh Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mendapatkan jatah satu kursi yang diisi olehSuharsoMonoarfa yang menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala BappenasSuharsoMonoarfa.

Halaman 3>>


Reshuffle Urgent?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading