Jokowi Punya 17 Menteri dari Parpol, 2 Terciduk KPK

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 December 2020 09:23
Jokowi Pimpin Rapat Sidang Kabinet RI, Kabinet Indonesia Maju (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden )

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam dua pekan terakhir, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua anggota Kabinet Indonesia Maju sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Pada 26 November, KPK menetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus suap perizinan tambak atau komoditas perairan sejenis lainnya. Salah satu tersangka dalam kasus tersebut adalah Edhy Prabowo, yang kala itu menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).




Kemudian pada 5 Desember 2020, KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara sebagai tersangka pengadaan bantuan sosial Covid-19. Juliari Batubara diduga menerima suap senilai Rp 17 miliar dari dua pelaksanaan paket bantuan sosial.

Edhy Prabowo dan Juliari Batubara merupakan penyelenggara negara yang berasal dari partai politik. Edhy Prabowo berasal dari Gerindra, sementara Juliari Batubara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).



Sebelum terciduk KPK, keduanya masih berstatus sebagai kader aktif di masing-masing partai. Edhy Prabowo kala itu menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Gerindra sementara Juliari sebagai Wakil Bendahara Umum Bidang Progam Periode 2019 - 2024.

Edhy Prabowo sendiri telah mengundurkan diri dari jabatannya di Gerindra. Sementara itu, Juliari Batubara hingga kini belum buka suara pasca penangkapannya oleh komisi anti rasuah.

Halaman 2>>

17 Menteri Jokowi Berasal dari Partai Politik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading