Harga Cabai-Cabaian Tak Biasanya Naik Tipis, Ada Apa?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 July 2020 15:38
Bongkar Muat Cabai Merah di Pasar Kramat Jati (CNBC Indonesia/Tris Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga sejumlah kebutuhan pokok (sembako) mencatatkan kenaikan, meski tipis. Ini memberi gambaran bahwa daya beli dan konsumsi masyarakat masih terpukul akibat pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) pekan kedua, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Juli 2020 adalah 0,04% month-to-month (MtM). Dengan begitu, inflasi year-on-year (YoY) berada di 1,69%.

Jika perkiraan ini jadi kenyataan, maka laju inflasi melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Juni, inflasi bulanan tercatat 0,18% sementara inflasi tahunan 1,96%.


"Penyumbang utama inflasi antara lain berasal dari komoditas telur ayam ras, daging ayam ras, emas perhiasan, dan rokok kretek filter. Sedangkan yang memperlambat laju inflasi adalah penurunan harga bawang merah, bawang putih, jeruk, gula pasir, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, daging sapi, serta tarif angkutan udara," sebut keterangan BI.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga telur ayam ras segar pada 16 Juni-13 Juli naik 4,13%. Dalam periode yang sama, harga daging ayam ras segar malah turun 4,19%.

Kemudian harga bawang merah ukuran sedang anjlok 24,28%. Lalu harga bawang putih ukuran sedang ambles 14,46%.

Sedangkan beberapa jenis cabai-cabaian seperti cabai merah naik 2,83%. Sedangkan harga cabai rawit merah naik 5,35%. Kenaikan ini terhitung tipis, karena biasanya melonjak, seperti yang terjadi pada Januari 2020, ada lonjakan harga sampai 20-35%.

Data tersebut menunjukkan bahwa meskipun ada komoditas yang mengalami kenaikan harga, tetapi tipis saja padahal sebelumnya komoditas itu bila ada kenaikan sangat signifikan. Sedangkan bila ada penurunan harga bisa lebih tajam.

Daya Beli Sedang Bermasalah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading