Inflasi Mei 2020

Harga Sembako Turun Saat Puasa-Lebaran, Bukti Daya Beli Turun

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
02 June 2020 12:27
Kepala Otoritas Jasa keuangan (OJK) Perwakilan Malang Sugiarto Kasmuri (kedua kanan) dan Kepala Bagian Hubungan Media dan Masyarakat OJK Dody Ardiansyah (kanan) meninjau pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pujon Kidul di Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). OJK mendorong optimalisasi peran BUMDes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang hingga Triwulan II 2019 jumlah nasabahnya mencapai 3.611 orang dengan jumlah pembiayaan mikro yang disalurkan mencapai Rp49,07 miliar. Keberhasilan Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang dalam mengelola dana desa mendapat acungan jempol dari berbagai kalangan. Dana desa yang digunakan untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), telah berhasil menyulap desa ini menjadi lokasi wisata yang menyedot ribuan pengunjung setiap harinya. Desa Wisata Pujon Kidul memiliki ragam wahana menarik dengan nuansa asri perdesaan, seperti cafe sawah, panen hasil pertanian, memerah susu sapi, kolam renang untuk anak-anak, off road, hingga wisata berkuda. Desa Wisata ini juga memiliki banyak spot selfie yang sangat menarik. Wisatawan yang berkunjung pun tak sedikit jumlahnya, rata-rata 3.000 pengunjung saat hari kerja dan 5.000 pengunjung saat hari libur. Luas Desa Pujon Kidul 330 Hektare. Tanaman masyarakat kita jadikan wisata petik apel, wisata petik sayur, sehingga hasil pertanian warga juga menjadi mahal harganya.   (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi pada Mei 2020 sebesar 0,07%. Tidak berbeda jauh dengan ekspektasi pasar.

Pada Selasa (2/6/2020), BPS melaporkan inflasi Mei adalah 0,07% secara bulanan (month-to-month/MtM). Sementara konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia menghasilkan media 0,1% MtM.

Inflasi tahunan (year-on-year/YoY) adalah 2,19%. Juga tidak berbeda jauh dibandingkan konsensus pasar yang sebesar 2,22%.




Ramadan-Idul Fitri tahun ini gagal mengangkat inflasi. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, momentum puasa-lebaran adalah puncak konsumsi masyarakat sehingga mendongkrak laju Indeks Harga Konsumen.



"Inflasi Mei 2020 kecil sekali, jauh dibandingkan dengan inflasi Idul Fitri tahun lalu. Covid-19 menyebabkan pattern inflasi Ramadan ini sangat tidak biasa, jauh dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Suhariyanto, Kepala BPS.

Bahkan pada Mei, BPS mengungkapkan terjadi deflasi -0,32% MtM untuk kelompok bahan makanan. Artinya, harga sembako selama Mei cenderung turun dibandingkan April. Padahal Mei ada puasa-lebaran yang biasanya membuat harga sembako naik karena tingginya permintaan.

"Banyak komoditas turun harga sehingga menyebabkan deflasi. Misalnya cabai merah dengan andil deflasi -0,07%, telur ayam ras -0,06%, bawang putih -0,05%, cabai rawit -0,03%, bawang bombay dan gula pasir masing-masing -0,01%," kata Suhariyanto.



Corona Tekan Pasokan dan Permintaan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading