BUMN-Swasta Keroyokan Gelontorkan 90.000 APD Tenaga Medis

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
08 April 2020 14:05
Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama swasta menggalang penyediaan APD.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama swasta menggalang bantuan berupa alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. Penggalangan itu dikomandoi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III yang ditunjuk sebagai koordinator oleh Kementerian BUMN.
Rencananya, sebanyak 90.000 APD akan didistribusikan dalam waktu dekat. Penggalangan ini melibatkan setidaknya 22 perusahaan BUMN yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta.
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, menegaskan, pengadaan bantuan APD untuk para petugas medis ini merupakan komitmen dalam rangka memerangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, peran dan sinergi antar BUMN dan swasta dalam kondisi seperti ini dirasa sangat penting, agar segala macam permasalahan terkait penyebaran Covid-19 bisa cepat tertangani.

"Kami mengakui, petugas medis memiliki potensi tertular sangat tinggi ketika bertugas," kata Doso Agung dalam keterangan resmi, Rabu (8/4/20).
Pelindo III sendiri memang ditunjuk Kementerian BUMN sebagai koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 BUMN di Provinsi Bali. Sebanyak 22 BUMN telah tergabung di dalamnya dan mendukung sepenuhnya upaya Kementerian BUMN dalam penanganan Covid-19.
Pelindo III bersama BUMN se-Provinsi Bali telah mengambil langkah nyata dalam menanggulangi sebaran Covid-19. Beberapa program telah disiapkan di antaranya dua posko Command Center Covid-19 yang berlokasi di Pelabuhan Benoa dan Rumah Kreatif PLN Sesetan.
Pengadaan 90.000 APD ini menjadi langkah konkret dalam mengemban tugas sebagai koordinator. Doso Agung berharap, bantuan 90.000 APD ini bisa membuat para tenaga medis bekerja lebih aman dan tenang.
"Kami memberikan apresiasi tinggi, menaruh hormat, respek, dan salut, para petugas medis yang saat ini tanpa lelah berjuang sebagai garda terdepan penanganan para pasien Covid-19," tegas Doso Agung.
Bantuan 90.000 APD akan diberikan secara bertahap oleh Pelindo III dan diserahkan kepada kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri. Sementara itu, distribusinya akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kementerian BUMN kepada para petugas medis di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di Indonesia.
Dalam rangka penekanan penyebaran Covid-19, Pelindo III juga tidak berhenti pada pemberian bantuan APD kepada petugas medis saja. Pelindo III sebelumnya sudah melakukan berbagai pencegahan baik di internal maupun eksternal perusahaan.

Di antaranya adalah penerapan physical distancing di area pelabuhan dan perkantoran, menyediakan bilik steril dan hand sanitizer di lingkungan kerja dan terminal penumpang, pengecekan suhu tubuh hingga pemberian vaksin influenza dan minuman herbal gratis untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pegawai.
Sementara dilingkungan eksternal, Pelindo III juga turut aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan bantuan alat cuci tangan gratis yang dipasang di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan di sekitar wilayah kerjanya.
"Kami berupaya terus untuk berkontribusi melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, terlebih di lingkungan kerja kami. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 ini kami juga tetap berkomitmen menjaga kelancaran logistik selama 24 jam - 7 hari penuh sesuai tugas kami," bebernya.




[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading