Ini Daftar Liga Sepakbola yang Disetop karena Virus Corona

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 March 2020 21:43
Negara-negara di Eropa seperti Italia, Spanyol, Jerman, dan Perancis menjadi negara dengan kasus tertinggi saat ini.

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona atau penyakit COVID-19 di luar China semakin masif. Negara-negara di Eropa seperti Italia, Spanyol, Jerman, dan Perancis menjadi negara dengan kasus tertinggi saat ini.

Maka tak heran jika beberapa pertandingan kejuaraan seperti Liga Spanyol, Belanda, dan Italia ditunda akibat penyebaran virus tersebut.

Pihak Premier League resmi mengumumkan, Liga Inggris ditunda sampai setidaknya 4 April 2020 mendatang. Dilansir dari BBC, pihak Premier League mengadakan rapat bersama klub-klub Liga Inggris pada Jumat (13/3/2020). Hasilnya kompetisi Liga Inggris dan Divisi Championship ditunda sampai setidaknya 4 April 2020 mendatang.

Lebih lanjut, selain menyerang beberapa klub di Liga Inggris, pandemi ini juga menjangkit beberapa personil, seperti manajer Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi yang positif terkena virus Corona.


Beberapa pertandingan juga sudah ditunda, seperti Brighton vs Arsenal yang sedianya akan berlangsung akhir pekan ini. Sebelum Liga Inggris, kompetisi sepakbola di Eropa seperti Liga Italia dan Liga Spanyol juga sudah ditunda.

Selain itu, anggota UEFA akan mengadakan pertemuan segera, untuk membahas cara terbaik melanjutkan kompetisi klub domestik dan Eropa di tengah pandemi virus corona. Kemungkinan turnamen sepakbola Euro 2020 akan ditunda sampai musim panas mendatang.

Tokoh senior UEFA menginginkan Liga Champions dan Liga Eropa ditangguhkan mulai minggu depan, mengingat virus corona mulai mempengaruhi sejumlah tim yang terlibat.

Pertemuan yang akan diadakan melalui konferensi video tersebut akan melihat 55 asosiasi anggota membahas masalah ini dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi Euro 2020, yang dijadwalkan akan dimulai pada 12 Juni 2020 mendatang.


Dalam sejarahnya, Euro 2020 akan dimainkan di 12 kota berbeda di Eropa, dari Dublin hingga Baku dengan tempat play-off terakhir yang tersisa dan akan diputuskan pada akhir bulan ini.

Penutupan total sepakbola Eropa musim panas ini adalah opsi yang paling tidak disukai, sementara badan pengelola Eropa masih membutuhkan klub dan asosiasi untuk menyetujui perubahan apa pun.


[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading