Tak Cuma Corona, Ini 5 'Setan' Ekonomi 2020!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
27 February 2020 06:19
Jakarta, CNBC Indonesia - Perekonomian global tahun ini masih diliputi banyak risiko. Ada yang merupakan 'penyakit' lama, ada pula yang berstatus risiko baru.

Dalam laporannya, Economist Intelligence Unit (EIU) menyebut ada lima risiko besar yang menyelimuti perekonomian global tahun ini. Padahal 2019 saja sudah bukan tahun yang mudah, tetapi ternyata 2020 tidak lebih ringan.





"Pada 2019, ekonomi dunia diwarnai oleh ketidakpastian geopolitik dan perlambatan ekonomi China, yang menghasilkan perlambatan manufaktur global. Dengan sedikit keberuntungan dan stimulus moneter, EIU awalnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan lebih baik pada 2020. Namun dengan masalah geopolitik baru (tensi yang meninggi antara Amerika Serikat/AS-Iran pada Januari) ditambah dengan kemunculan virus corona di China, sepertinya peningkatan iklim usaha dan investasi akan terbatas," demikian tulis laporan EIU yang dirilis Rabu (26/2/2020).

EIU memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada 2020 adalah 2,9%. Ekonomi masih mampu tumbuh karena dukungan kebijakan moneter longgar yang diperkirakan berlanjut tahun ini.

Meski ekonomi masih tumbuh, tetapi EIU mengingatkan ada lima 'setan' di perekonomian global. Apa saja itu?


[Gambas:Video CNBC]




Konflik AS-Iran
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5 6
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading